Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Supaya WhatsApp tidak menjadi Penyebab Boros Baterai dan Data

Tips Supaya Hemat data dan baterai

Salah cara supaya WhatsApp tidak lelet dan lebih tinggi tingkat keamannya adalah dengan melakukan update terbaru. Tapi ada hal hal yang tidak kalah penting, Yaitu penggunaan data dan baterai. 

Citangkolo.Net - Aplikasi WhatsApp menjadi yang paling sering digunakan dibandingkan aplikasi platform lainnya. Maka tidak heran aplikasi ini harus selalu terhubung dengan internet. Umumnya apabila internet aktif akan berpengaruh pada penggunaan Baterai.

Ada pengguna menuding WhatsApp menjadi penyebab borosnya baterai smartphone. Selain baterai boros juga data cepat habis karena pengaturan yang digunakan hanya standar. 

Untuk menghemat baterai sekaligus hemat data lakukan beberapa setting berikut ini: 

1. Gunakan Tema Gelap (Dark Mode)

Fitur Dark mode WhatsApp diyakini dapat menghemat baterai, karena mengurangi cahaya pada perangkat serta menggunakan lebih sedikit daya ketika digunakan. Untuk mengaktifkan mode gelap, ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Buka WhatsApp
  • Ketuk menu titik tiga di kanan atas
  • Ketuk chat
  • Ketuk tema
  • Pilih Tema lalu pilih Dark

2. Matikan Otomatis Unduhan Media

Unduhan otomatis atau auto download memang memudahkan pengguna WA untuk mendapat media penting yang dibagikan melalui WA. Tapi media yang dibagikan itu banyak yang tidak selalu penting. 
Jadi lebih baik dengan unduh manual. 

Selain itu, ternyata sangat menguras baterai ketika menggunakan WhatsApp. Unduhan video, gambar dan catatan seringkali membuat baterai perangkat cepat habis, untuk itu perlu dinonaktifkan. Berikut cara menonaktifkan unduhan otomatis:
  • Buka WhatsApp, pilih Setelan
  • Klik Data dan Penyimpanan
  • Periksa Media unduhan otomatis, ada tiga kategori
  • Hapus tanda centang saat menggunakan Data
Cara di atas adalah salah satu langkah untuk menghemat baterai saat penggunaan WhatsApp. Selain itu, jika menggunakan walpaper animasi atau walpaper yang berwarna dapat juga menguras baterai.

Pada perangkat Android dengan layar AMOLED dan OLED, wallpaper hitam atau gelap akan melindungi masa pakai baterai karena layar menggunakan energi untuk mencerahkan hanya piksel berwarna. Piksel hitam tidak menyala dan membutuhkan daya lebih sedikit untuk mempertahankan gambar.

Berlangganan via Email