Cara Mengetahui WA disadap Jarak Jauh

Ciri-ciri WhatsApp di Sadap
Terlihat Smartphone masih berjalan normal ketika disadap dan tak ada yang mengira jika WhatsApp telah diretas oleh orang lain, Berikut Ciri-ciri jika WhatsApp  kena sadap dari orang tak bertanggung jawab. 

Citangkolo.Net - Saat ini hampir semua orang memiliki WhatsApp di dalam smartphone pribadinya. Wajar saja jika  menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi pesan singkat yang paling populer di dunia.

Sebagai aplikasi chatting terpopuler WhatsApp sering memanjakan penggunanya dengan fitur-fitur terbaru.

Misalnya fitur dari WhatsApp ada satu fitur yang cukup menarik. WhatsApp Web yang memungkinkan pengguna melakukan chatting melalui Personal Computer (PC).

Fitur ini kemudian menjadi sangat berguna bagi para pengguna aplikasi WhatsApp. Namun, di balik kepopuleran WhatsApp sering kali mengalami sejumlah masalah yang menerpa para penggunanya.

Misalnya, tiba-tiba log out tanpa sebab jelas, dan yang paling membahayakan adalah ketika WhatsApp pribadi milik seseorang disadap oleh orang tak bertanggung jawab.

Untuk mengetahui apakah Wa yang sedang digunakan dibajak , maka harus mengetahui Ciri-ciri WhatsApp yang Sedang Disadap, diantaranya sebagai berikut:


Baterai Cepat Boros
Apabila merasa aneh tidak biasanya tiba-tiba  smartphone sering alami daya baterai cepat habis padahal jarang menggunakan aplikasi yang cukup berat kamu harus waspada.

Masalahnya mungkin saja WhatsApp milikmu telah menjadi korban penyadapan oleh orang tak bertanggung jawab.

Konsumsi baterai yang boros bisa disebabkan karena ada aplikasi, virus, dan malware mencurigakan yang berjalan di background sistem.

Kuota Data Boros
Umumnya Kondisi WhatsApp  sedang disadap bisa saja paket internetmu lebih cepat habis daripada biasanya.

Padahal sebelumnya smartphone hanya digunakan dengan seperlunya saja namun kuota data cepat habis.

Hal itu terkait erat dengan penyadapan WhatsAppmu yang dilakukan pihak lain dan membuat aplikasi tak berjalan normal di smartphone..

Perangkat Keras Memanas
Smartphone tiba-tiba mengalami peningkatan suhu yang tak wajar bisa jadi itu adalah tanda WhatsApp milikmu sedang dibajak.

Hal itu terjadi karena beberapa hacker mungkin menggunakan metode untuk menyusupkan aplikasi, virus, atau malware ke dalam smartphone milikmu.

Jika muncul maka hampir pasti smartphonemu dalam kondisi disadap atau bahkan di-hack oleh pihak lain.

ter-log out Force Closed
WhatsApp di smartphone Log Out sendiri. Terkadang aplikasi WhatsApp ter-log out sendiri tanpa disadari.

Hal ini biasanya sering disepelekan oleh pengguna dan cuma dianggap sebagai angin lalu saja.

WhatsApp yang sering forced close dan keluar secara tiba-tiba, bisa jadi salah satu ciri-ciri disadap oleh pihak lain.

Hal itu bisa terjadi ketika WhatsApp sedang dibuka di perangkat smartphone lain, hingga WhatsApp akan keluar sendiri dari perangkat.

Terbaca Otomatis
Ini yang  paling terlihat, Apakah disadap atau tidak adalah ketika terjadi hal aneh yang terjadi pada akun WhatsApp.

Ketika menemukan sebuah chat yang sudah terbaca. Akan tetapi chat tersebut belum pernah dibuka sebelumnya. Nah kondisi itulah yang menjadi ciri-ciri WhatsApp dalam keadaan di-hack.
Dan hampir pasti ada seseorang di suatu tempat lain yang membuka dan membaca chat tersebut.

WhatsApp Web Aktif di Perangkat Lain
Aktifnya WhatsApp Web di perangkat lain.  Hal itu bisa dilihat ketika kamu pertama kali login di perangkat baru dan kemudian muncul notif WhatsApp Web milikmu telah login diperangkat lain.
Padahal kamu merasa tak pernah login WhatsApp Web di perangkat manampun sebelumnya.

Ketika Video Call ada Bising 
Tanda berikutnya adalah ketika sedang melakukan video call WhatsApp terdengar suara bising.
Meski cukup membantu pengguna fitur itu juga bisa dimanfaatkan menjadi celah hacker untuk melakukan tindak penyadapan.

Salah satu ciri-ciri WhatsApp disadap lewat fitur ini adalah terdengar suara bising (noise) saat sedang melakukan panggilan.

Secara teknis hal itu terjadi karena ada aplikasi mata-mata yang digunakan untuk merekam percakapan ketika menelepon.


Bagaimana jika telanjur dibajak?

WhatsApp sendiri telah mewanti-wanti tentang pembajakan akun pengguna. Ketika seseorang mencoba mendaftarkan akun di WhatsApp dengan nomor telepon Anda, jangan bagikan notifikasi kode verifikasi yang Anda terima kepada orang lain.

“Jika Anda menerima notifikasi, ini berarti seseorang telah memasukkan nomor telepon Anda dan meminta kode registrasi,” tulis WhatsApp.

“Ini sering terjadi jika pengguna lain melakukan kesalahan dengan mengetik nomor Anda ketika mencoba memasukkan nomor mereka sendiri untuk mendaftar. Ini juga dapat terjadi ketika seseorang mencoba mengambil alih akun Anda,” WhatsApp menjelaskan.

Menurut WhatsApp, jika seseorang mencoba mengambil alih akun Anda, untuk melakukannya mereka perlu kode verifikasi SMS yang dikirim ke nomor telepon Anda.

“Tanpa kode tersebut, pengguna yang mencoba memverifikasi nomor Anda tidak dapat menyelesaikan proses verifikasi dan menggunakan nomor telepon Anda di WhatsApp. Dengan demikian akun WhatsApp Anda tetap dalam kendali Anda,” tulis WhatsApp.

Berlangganan via Email