Langkah Tepat Atasi Smartphone Android Lemot

Iklan Semua Halaman

Langkah Tepat Atasi Smartphone Android Lemot

cto.author
Ini dia Langkah Tepat Atasi Smartphone Android lelet
Ilustrasi Smarphone
Citangkolo.Net - Kebanyakan orang yang menggunakan smartphone mengganggap bahwa ponsel cerdas adalah bagian untuk memudahkan pekerjaan. Selain dengan berbagai fitur yang praktis tentu perangkat ini lebih mudah untuk dibawa.

Tapi apa jadinya jika perangkat cerdas yang dianggap akan memudahkan semua pekerjaan malah membuat repot,  kerjanya lambat alias lemot.

Pada umumnya smartphone tidak bisa bekeja dengan cepat karena beberapa faktor, misal terlalu banyak menginstal aplikasi, memori  yang kurang longgar, akhirnya tidak ada ruang untuk melakukan boting.

Termasuk penggunaan aplikasi  yang jaranf digunakan tapi statusnya aktif. hal lainnya karena banyak menggunakan widget animasi dan masih banyak lainya.

Baca : Cara menggunakan google chrome

Nah. untuk bisa mengatasi supaya smartphone sobat tidak cepat lemot, kayaknya harus coba langkah ini deh ..

Update Google
Hampir semua Android pasti menggunakan aplikasi aplikasi dari Google. Bahkah perangkat cerdas itu akan bisa digunakan apabila harus login dengan akun google.

Termasuk Penggunaan Aplikasi Perambah Chrome yang banyak digunakan untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi.

Aplikasi pencari ini menjadi adalah salah pokok paling penting yang membantu mempermudah. Supaya pencarian tetap lancar sobat harus gunakan versi terbaru

Oleh sebab itu, dengan mengoptimalkan Google Chrome merupakan cara terbaik untuk dapat mengembalikan performa Android.

Baca : Supaya WhatsApp tidak lelet

Supaya lebih irit lagi sobat bisa mengaksesnya dengan menghemat kuota internet dengan cara melakukan beberapa pengaturan .

Caranya buka aplikasi Google Chrome, klik tiga titik yang berada dipojok kanan atas lalu pilih menu pengaturan. Klik Advanced dan pilih Data Saver, lalu sobat aktifkan untuk menghemat pemakaian data.


Jangan Gunakan Widget
Langkah Tepat Atasi Smartphone Android Lemot

Widget ini merupakan shortcut , untuk langkah cepat atau biasa dikenal dengan aplikasi versi mini yang bisa digunakan secara langsung.

Adanya Widget biasanya widget ditaruh di home screen atau tampilan muka , tujuannya untuk memudahkan pengguna ketika ingin diakses.

Terlalu banyak widget di halaman muka justru akan menambah beban kerja perangkat itu, apalagi kapatis ram sangat minim.

Supaya lebih optimal sebaiknya Android yang sobat dipakai, jangan menggunakan aplkasi versi mini ini. Sobat  bisa menghapusnya dengan cara pilih widget yang ingin dihapus. Kemudian tekan dan tahan untuk beberapa saat, lalu geser ke arah gambar tempat sampah.

Bersihkan Canche
Memang secara istilah file cache adalah file sementara yang terdapat di memori internal smartphone Android. Dengan menyimpan Cache akan mencatat aktivitas aplikasi Android yang telah sobat gunakan.

Ya meskipun terbilang hanya terlihat data yang dihasilkan sedikit, namun apabila jumlah aplikasi yang kamu gunakan banyak? berti bukan lagi sedikit.

Canche yang terlau banyak disimpan ternyata malah bisa membuat smartphone sobat bekerjanya lemot. Maka dari itu lebih baik harus membersihkan.

Baca : Anti Virus Online termudah

Cara bersihkan cache  seperti berikut:

Pertama, buka aplikasi pengaturan yang ada di smartphone Android . Kemdian Lalu klik menu aplikasi, di sana sobat bisa melihat semua aplikasi terpasang yang ada di dalam smartphone sobat.

Sobat Pilih menu penyimpanan dan hapus memori, lakukan pada semua aplikasi yang aktif.


Matikan Aplikasi

Ini yang sering terlupakan. Banyak aplikasi bawaan dari smartphone Android yang terpasang dari bawaan beli dan tidak terlalu dibutuhkan.

Aplikasi Bawaan itu meskipun jarang digunakan tapi sebenarnya aktif.

Sobat bisa menghapus aplikasi bawaan itu atau hanya menonaktifkan saja. Sobat Cukup dengan membuka aplikasi pengaturan, klik menu aplikasi lalu pilih aplikasi yang ingin kamu hapus dengan mengklik uninstall atau disable.