Cara Mengamankan Akun Facebook dari Serangan Hacker

Iklan Semua Halaman

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Serangan Hacker

adjie
Supaya Akun Facebook dari Serangan Hacker
Pengguna facabook (Ilustrasi)
Citangkolo.Net - Supaya Aku facabook tidak mudah di bobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab ada beberapa langkah yang paling mudah.

Langkah ini ada pada pengaturan facebook itu sendiri. Sobat bisa mengatur beberapa setting untuk bisa menjaga akun facebook supaya tidak mudah di bobol oleh penggguna lain.

Memang dengan langkah ini tidak menjamin 100 % kemaanan akun sobat, tapi setidaknya untuk mencegah dari serangan-serangan pelaku pembobol akun facebook, apabila sobat melakukan setting ini pembobol akan merasa kerepotan.

Facebook memang sudah menjamin keamanannya, tapi jejaring sosial ini hanya media yang dibuat oleh tangan manusia. Tentu masih ada manusia manusia yang bisa mengotak atik ini.

Beberapa Pengaturan yang bisa dilakukan dengan gampang , supaya akun sobat lebih aman dan tentu lebih menjaga kerahasiaan , sebagai berikut :


Mengamankan Akun Facebook (Setting Privacy dan Timeline)


Mengamankan Akun Facebook Supaya tidak mudah di bobol

Pembobol akun akan lebih mudah melakukan aksinya apabila sudah mengantongi informasi data yang berada didalamnya.

Apabila sobat merubah pengaturan pada privasi, ini menjadikan akun fb tidak mudah dicari oleh orang lain kecuali mereka yang berikan secara khusus.

Supaya akun sobat tidak mudah dicari oleh pengguna tidak bertanggung jawab, Sebaiknya pada pengaturan Privacy di rubah menjadi pribadi atau khusus.

Baca :

Langkahnya_
Buka pada pengaturan (setting) kemudian pilih pada Privacy

Dengan mengganti pengaturan ini menjadi Privacy ( Hanya Saya), Orang lain tidak bisa menemukan akun kita .

Selain pada penganturan privacy, Sobat juga harus mengganti Limimasa.
Jangan memberikan akses pada umum, seperti orang lain memberikan tanda pada photo, tag akun  dan lainnya yang berada pada limimasi.

Atur Limimasi menjadi terbatas akan tidak sama sekali, dengan cara ini tentu orang lain tidak bisa menemukan akun sobat.


Mengamankan Akun Facebook (Setting Security)

Menjaga Akun facebook dari Serangan Hacker
Setelah akun sobat sudah tidak mudah ditemukan oleh orang lain. Beberapa hal yang harus dilakukan supaya kemanan akun fb lebih baik.

3 Pengamanan ini sudah disediakan pada pangaturan facebook. Apabila sobat memaksimalkan pengaturan keamaan ini, akun sobat akan lebih aman dan pelaku pembobol lebih repot, atau sobat akan lebih mengetahu lebih dari awal sebelum pembobol selesai melakukan aksinya.

Ubah Kata Sandi berkala
Akun fb yang kata sandinya yang jarang diganti memiliki potensi untuk menjadi korban pembobolan. Karena bisa saja pelaku pembobol itu merupaka teman dekat atau keluarga.

Nah, meskipun ada beberapa orang yang sudah mengetahui pasword fb, akun akan tetap aman apabila sudah diganti.

Supaya kata sandi tidak mudah ditebak, sobat harus membuat kata yang rumit. Hindari kata Kata sandi yang mudah dibobol.

Mengganti kata sandi seminggu sekali akan lebih mengurangi potensi dari pembobolan akun sobat.


Autentikasi Dua Faktor
Pada pengaturan keamanan fb juga disediakan jenis keamaan dengan dua faktor.
Pengguna fb akan melakukan beberapa langkah lagi sebelum masuk , seperti memasukan kode yang kirim saat itu ketika mau login.

Kode yang dikirim itu bisanya acak dan selalu berganti dalam tiap menitnya. Untuk keamaan dua faktor ini facebook menggunakan beberapa pilihan seperti menggunakan Aplikasi Autentikasi, SMS, login melalui USB atau NFC.

BacaMembuat Password yang Susah ditebak tapi Mudah di ingat

Apabila akun fb sudah mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor, Siapa saja yang akan masuk harus mengisi kode yang dikirim.  Dengan demikian pembobol akun bisa berhenti.

Simpan Info Login
Apabila sobat mengaktifkan Info Login, Sobat bisa melihat keadaan akun fb  saat masuk menggunakan perangkat apa dan berada di tempat mana. Untuk tempat bisanya memang kurang akurat , karena mengambil dari GPS server provider.

Tapi untuk perangkat bisanya lebih akurat , sesuai saat ketika login.

Apabila mengaktifkan info ini. Sobat bisa mengontol status akun fb berdasarkan login. Ketika ada login (perangkat ) yang mencerugikan sobat segera menhapus kemudian mengganti kata sandi.