HATI-HATI ! Ada Malware Bahaya yang Nyamar di Androidmu,Terutama Pengguna WhatsApp

Iklan Semua Halaman

HATI-HATI ! Ada Malware Bahaya yang Nyamar di Androidmu,Terutama Pengguna WhatsApp

cto.author

Citangkolo.Net -  Belakangan ini ada kabar yang mengatakan beberapa aplikasi disusupi malware bahaya , terutama bagi pengguna perangkat android.

Malware ini di sebut bisa menyamar seperti aplikasi lain yang sering digunakan, terutama WhatsApp.

Dilansir dari detiknet, malware yang bisa menyamar pada beberapa aplikasi itu di namakan Agent Smith.

Agent Smith dapat  mengeksploitasi celah keamanan di dalam perangkat Android sasarannya. Apabila sudah masuk, ia secara otomatis mengganti sejumlah aplikasi di dalam perangkat tersebut dengan versinya sendiri yang sudah tertanam malware tanpa diketahui pemiliknya.

Baca: Langkah WhatsApp mencegah berita Hoax

 Sebenarnya bukan hanya WhatsApp yang diduga manjadi sasaran malware ini, ada beberapa aplikasi lainnna seperti Opera Mini, SwiftKey, dan Truecaller.

Malware bahaya ini masuk ke android dengan menumpang di dalam aplikasi yang tidak terdaftar di dalam Google Play Store.

Disebutkan penyedia aplikasi itu adalah toko aplikasi bernama 9Apps. Aplikasi yang didapat dari toko app itu akan di susupi malware agent smith.

Beberapa  aplikasi-aplikasi yang menjadi jalan, seperti Color Phone Flash, Photo Projector, Rabbit Temple, Kiss Game: Touch Her Heart, dan Girl Cloth Xray Scan Simulator.

Malware  Agent Smith , untuk mengeruk keuntungan secara finansial melalui iklan-iklan berbahaya. Tapi  juga berpotensi untuk digunakan dalam kegiatan pencurian informasi-informasi sensitif seperti akun bank pengguna perangkat mobile terjangkit.

Baca : Tips Supaya WhatsApp tidak menghabiskan Kuota

Ternyata Indonesia menduduki peringkat keempat sebagai negara dengan jumlah perangkat terjangkit Agent Smith terbesar di dunia.

Supaya Tidak menjadi korban malware agent Smith, "Satu cara untuk tetap waspada dalam menghadapi serangan ini adalah dengan hanya menggunakan toko aplikasi dengan kebijakan serta ulasan yang ketat terhadap aplikasi-aplikasi di dalamnya, Sebelum mengonfirmasi pemasangan aplikasi, lihat dari mana aplikasi itu berasal, apakah ada sumber terpercaya yang mengulas aplikasi tersebut, dan perhatikan izin akses yang diminta aplikasi tersebut,".