Begini Langkah WhatsApp Mencegah Spam dan Berita Hoax

Iklan Semua Halaman

Begini Langkah WhatsApp Mencegah Spam dan Berita Hoax

Admin Master
cara WhatsApp Mencegah Spam dan Berita Hoax

Citangkolo.Net - Penyebaran berita palsu atau yang disebut hoax selalu menjadi masalah serius untuk WhatsApp. Apalagi  platform ini merupakan layanan pesan instan yang paling banyak digunakan oleh orang-orang bahkan di seluruh dunia.

Platform perpesanan terbesar di dunia ini, Sudah tentu  memiliki masalah, baik itu spam, berita palsu atau hoax , apalagi aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan, itu memungkinkan pengguna dapat dengan mudah menyebarkan spam dan berita palsu.

Perusahaan yang kini diambil alih Facebook ini, lantas terus mengambil langkah-langkah untuk menekan penyebaran berita hoax. 

WhatsApp  sedang mengembangkan fitur baru yang akan memungkinkan membantu pengguna untuk mengidentifikasi dan memastikan apakah gambar yang mereka terima adalah sah atau tidak. 

Untuk mengurangi spam dan hoax serta mengindentifikasi gambar maka Whatsapp melakukan hal ini:

Membatasi Pesan yang diteruskan


WhatsApp berusaha untuk melakukan  mencegah hal tersebut, dengan memiliki lebih banyak fitur dalam versi beta, untuk membantu menangani penyebaran spam dan berita palsu. 

Pada versi beta terlihat dengan fitur baru yang juga menunjukkan kepada pengguna berapa kali pesan telah diteruskan. 

Untuk menekan beredarnya spam atau berita palsu maka dibatasi jumlah untuk melakukan pesan diteruskan. 

Logikanya. 
Jika sobat menrima suatu pesan telah diteruskan berkali-kali, maka  beberapa orang mungkin menganggap bahwa pesan itu sekadar menyampaikan kabar tanpa memeriksa.

Namun Jadi jika sobat melihat pesan yang telah diteruskan 100 kali, maka mungkin sebaiknya sobat  melakukan sedikit riset sebelum memutuskan untuk meneruskannya ke kontak yang lebih banyak. 

WhatsApp  telah memperkenalkan fitur . Mereka juga mulai membatasi berapa kali pesan dapat diteruskan . Dengan langkah pembatasan ini, mereka mencoba dan mengurangi dampak berita palsu .

Perkenalkan Tools Pencarian Gambar


Dengan mnggunakan Tool “pencarian berdasarkan gambar” pada WhatsApp versi 2.19.73. Pada Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk mengunggah gambar yang masuk, akan  secara langsung ke Google,  dari pencarian langsung ke google maka dapat menemukan gambar “mirip atau sama” di internet. 

Pencarian gambar  di Google  ini dapat di  memanfaatkan dari dalam WhatsApp. Menggunakan  tambahan ini,  diharapkan  pengguna untuk memastikan keabsahan gambar yang mereka terima di WhatsApp. 

Memang Fitur ini belum diaktifkan di aplikasi,  WhatsApp belum  mengatakan kapan mereka berencana melakukannya dengan penuh. 

Fitur pencarian gambar  yang mudah dan cepat di WhatsApp tentu akan sangat berguna untuk mencegah penyebaran informasi yang salah.