Facebook Resmi Mengumumkan Mata Uang Digital

Iklan Semua Halaman

Facebook Resmi Mengumumkan Mata Uang Digital

cto.author
Apa sih Uang Digital Libra?

Citangkolo.Net - Facebook telah  mengumumkan mata uang digital  yang bernama Libra.

Pengguna Facebook  yang seperti kita ketahui, jumlahnya miliaran bisa melakukan transaksi finansial di seluruh dunia menggunakan mata uang ini.

Mata uang Libra bisa mengirim uang ke pengguna akun facebook lainnya, selain itu juga  bisa dipakai untu membayar produk atau layanan.

Libra berbasis jejaring blockchain dan tak didesain sebagai aset spekulatif seperti bitcoin yang nilainya sangat fluktuatif.

Mereka mengatakan, Libra bertujuan untuk menghubungkan orang-orang yang sebelumnya tak mempunyai akses ke platform perbankan tradisional.

Memang Pada awalnya, Libra bakal lebih banyak dipakai buat mengirimkan uang dari satu individu ke individu lain yang sudah punya akses ke bank tradisional.

Namun kemungkinan besar ke depannya, Uang digital Libra ini ditujukan untuk membuat sebuah cryptocurrency mainstream, yaitu sebuah bentuk trasnsaksi atau pembayaran terdesentralisasi yang nilainya stabil seperti dolar amerika serikat.

Selain pengguna faceebook,  juga tersedia di platform WhatsApp dan Facebook Messenger.

Ada banyak perusahaan besar yang sudah terdaftar dalam asosiasi ini antara lain adalah Coinbase, Mastercard, Visa, eBay, payPal, Stripe, Spotify, Uber, Lyft, dan Vodafone.

Penasaran tentang mata uang digital yang di buat facebook ini, berikut beberapa fakta lainnnya.


Apa sih Uang Digital Libra?

Libra merupakan infrastruktur keuangan dan mata uang global. Istilah lainnya, Libra adalah aset digital yang dibuat Facebook dan 'ditenagai' dengan blockchain baru versi Facebook, yaitu teknologi terenskripsi yang dipakai juga oleh bitcoin dan cryptocurrency lain.

Kata Libra  berasal dari bahasa Romawi kuno yang biasa dipakai sebagai ukuran berat. Simbol mata uang Poundsterling pun berasal dari L di Libra.

Lalu Bagaimana Menggunakan uang libra?

Rencananya pada tahun 2020, pengguna mata uang ini bisa download Calibra, sebuah apllikasi dompet digital . Pengguna bisa mengirimkannya pada siapapun dengan menggunakan smartphone. Dompet digital Calibra akan tersedia di Messenger, WhatsApp dan sebagai aplikasi sendiri.

Apakah Libra Menjamin Keamanan?

Mereka dari Facebook mengatakan akan mengimplementasikan teknologi untuk mencegah penipuan ataupun pencucian uang. "Kami akan menggunakan semua verifikasi yang sama dan proses anti penipuan yang dipakai di bank dan kartu kredit dan kami akan memiliki sistem otomatis yang secara proaktif mengawasi dan mencegah kelakuan curang," .

Pihaknya juga siap untuk membantu user jika kehilangan akses ke akunnya atau kehilangan uang. Facebook akan segera mengembalikan uang jika diperlukan. Bukan hanya  itu, bagi siapa saja orang bisa menemukan celah keamanan di Libra akan diberi hadiah yang besar.

Uang Digital Libra Apa yang Bisa Dibeli?

Pengguna Uang ini akan  bisa mengirim uang satu sama lain melalui Calibra. Selain transaksi di dalam aplikasi, Facebook juga akan memfasilitasi penggunaan Libra dalam penggunaan sehari-hari.

Transportasi online Uber dan Lyft adalah investor Libra, sehingga kemungkinan user dapat membayar layanan mereka dengan Libra.

Wah. jadi makin penasaran ni dengan mata uang ini. apakah akan lebih baik dan memudahkan khususnya untuk pelaku jual beli via facebook. Tunggu saja yah..