Tips bersih-bersih Google Drive dengan mudah supaya tetap gratis

Iklan Semua Halaman

Tips bersih-bersih Google Drive dengan mudah supaya tetap gratis

cto.author
Cara bersih-bersih Google Drive dengan mudah

Citangkolo.Net - File yang yang tersimpan pada komputer, atau smart phone apabila tiap hari disimpan tentu akan membuat penuh tempat penyimpanan. Entah itu penyimpanan internal atau ekternal. 

Untuk menghindari penuhnya penyimpanan data tersebut, maka jalan lain yaitu dengan menyimpan di layanan berbasis online. sebut saja menggunakan google drive. 

Jika sobat adalah pengguna internet, layanan penyimpanan awan Google Drive tentu sudah tidak asing lagi dan layanan ini sudah menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan. Terutama untuk menyimpan file. 

Google Drive menjadi tempat di mana para pengguna menyimpan dokumen penting seperti foto, video, maupun file lainnya.

Menariknya, Layanan Google Drive ini diberikan secara cuma-cuma untuk para pengguna, akan tetapi kapasitasnya dibatasi maksimal hanya 15 GB. Apabila ingin kapasitas file lebih besar, Tentu ada biaya bulanan yang harus dibayar. Berlangganan. 

Supaya bisa menikmati layanan tetap gratis, tentu harus melakukan beberapa hal. Seperti rajin "membersihkan" file yang tidak penting supaya penyimpanannya agar tidak cepat penuh. 

Apa saja ? Berikut ini adalah beberapa cara bersih-bersih Google Drive dengan mudah.

Menghapus e-mail yang tidak penting  
File yang ada pada email terutama yang ukurannya jumbo lebih baik di hapus. Salah satu hal yang membuat ruang penyimpanan Google Drive jadi cepat penuh adalah lampiran (attachment) pada e-mail yang berukuran besar. 

Sobat harus menghapus lampiran-lampiran ini agar memberi ruang lebih luas. Caranya mudah, pertama ketik "has:attachment larger:10M” pada kolom pencarian e-mail di bagian atas. 

Biasanya akan muncul kumpulan e-mail dengan lampiran yang melebihi 10 MB. Setelah itu Pilihlah e-mail tersebut yang menurut Anda sudah tidak penting, kemudian hapus file jumbo tersebut. 

Setelah itu, file yang sudah dihapus masih ada di folder sampah. Supaya benar-benar bersih permanen buka folder "trash" pada e-mail Anda dan klik tombol "empty trash now" untuk membersihkan semua yang telah dihapus.

Hapus file besar (semua jenis)
Selain pada email, sobat harus menghapus file berukuran besar , jenis apapun. Tentu agar ruang penyimpanan kembali luas. Langkahnya  adalah masuk ke tautan berikut ini. https://drive.google.com/drive/u/0/quota

Pada Halaman tersebut akan memperlihatkan rincian semua file apa saja yang berukuran besar secara berurutan. Selain itu, sobat juga bisa memeriksa aplikasi apa saja yang pernah diinstal pada smartphone . Kemungkinan ada  data secara tersembunyi.

Caranya, pada halaman tadi klik ikon roda gerigi di bagian kanan atas. Kemudian klik menu setting dan masuk ke menu "manage apps". Dari halaman itu akan menemukan rincian aplikasi apa saja yang menyimpan file tanpa sobat ketahui . Untuk memasikan bersih, pastikan  juga mengosongkan folder "trash" pada Google Drive Anda. 

Kurangi Kualitas / Kapasitad Foto 
Smartphone pada umumnya meminta bahkan wajib memiliki aku akun untuk bisa mengoprasikan dengan maksimal . Dengan itu , pengguna  bisa mencadangkan foto-foto miliknya secara otomatis melalui layanan Google Photos.

Tanpa di sadari, Layanan ini juga mengambil ruang dari Google Drive untuk menyimpan foto-foto tersebut. 

Supaya  bisa menampung lebih banyak file, ada baiknya Anda melakukan pengaturan berikut ini: Masuk ke halaman pengaturan Google Photos melalui tautan berikut. https://photos.google.com/settings Setelah sobat masuk Pada halaman tersebut, sobat akan melihat dua pilihan teratas yakni "Original" dan "High Quality (free unlimited storage)". Pilihlah menu "High Quality" untuk mendapatkan penyimpanan tak terbatas khusus untuk Google Photos. 


Masih Pada halaman yang sama, sobat juga akan menemukan tombol "Recover storage/ Pulihkan ". Jika  mengklik tombol ini, maka semua foto dan video akan diubah resolusinya jadi lebih kecil.

Berikut beberapa langkah untuk memaksimalkan penngunaan Google Drive, dan supaya tetap bisa menjadi Gratis.