Headline

Ikuti Berita!

Masukan Alamat Email. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Hari Ayah ( Indonesia ) Sejak 2006 - Kelahiran dan Kontroversi Hari Ayah di Belahan Dunia

Diposting oleh On 15.45

Hari Ayah ( Indonesia ) Sejak 2006 - Kelahiran dan Kontroversi Hari Ayah di Belahan Dunia

Hari Ayah di Indonesia Jatuh pada tanggal 12 November, Diresmikan sejak jaman SBY. Negara lain tanggal Hari ayah berbeda, nama berbeda hingga menjadi kontoversi.

Citangkolo.net - Hari ini Google ikut merayakan Hari Ayah Indonesia. Terlihat pada tampilan awal Google.com dengan Gambar Telapak tangan yang di beri kepala hingga menyerupai Dinosaurus Binatang Purba.

Ayah merupakan bagian keluarga, serta merupakan tulang punggung dalam kehipuan pada suatu keluarga.

Indonesia secara resmi menetapkan tanggal 12 November sebagai Hari Ayah. Tujuannya adalah hari untuk menghormati ayah.

Tidak hanya negara kita, Sementara di Amerika, dan lebih dari 75 negara lain, seperti Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hongkong dalam Hari Ayah atau Father’s Day (dalam bahasa Inggris) namun negara tersebut menetapkan secara spesifik.

Hari Ayah dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni, dan dirayakan hampir di seluruh dunia yang dimulai pada awal abad ke-12.

Pada Umumnya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah yang berikan kepada ayah dan di barengi dengan kegiatan kekeluargaan.

Selain semua itu juga Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga.

Namun Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari ayah dinamakan Hari Laki-laki Internasional atau International Men's Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap bulan 19 November.

Sedangkan Di Indonesia sendiri Hari Ayah dirayakan pada tanggal 12 November. Hari Ayah Menjadi hari resmi pertama kali dideklarasikan di Solo pada tahun 2006, di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.


Kronologi Hari Ayah di Indonesia

Hari Ayah ( Indonesia ) Sejak 2006 - Kelahiran dan Kontroversi Hari Ayah di Belahan Dunia
Hari Ayah Indonesia - Sumber Gambar change.org

Suatu Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi atau di singkat (PPIP) mereka menggelar deklarasi Hari Bapak Nasional , Kebetulan bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional, Minggu (12/11). Pertama Deklarasi digelar di Pendapi Gede Balaikota Solo yang dihadiri ratusan orang yang merupakan dari berbagai kelompok masyarakat.  PPIP dikenal sebagai komunitas komunikasi yang meliputi lintas agama.

Gagasan dideklarasikannya Hari Bapak, Alasannya karena bapak sebagai bagian dari keluarga . Selain itu , Ayah juga memegang peran sangat penting dalam pembentukan karakter keluarga.

Kerana Adanya Hari Ibu, kita mengganggap perlu mengenang jasa ibu. Atas ini juga, Kalau kemudian tidak ada Hari Bapak, banyak yang beranggapan jangan-jangan tanpa disadari selama ini kita kurang menghargai bapak atau orang tua secara keseluruhan. Sebenarnya Bapak dan ibu adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Oleh karena itu, Kita butuh keduanya sebagai keseimbangan kesadaran kita sebagai anak. Waktu itu Sebelum pembacaan deklarasi, Mengadakan Sayembara, beberapa pemenang sayembara nasional menulis surat untuk ayah membacakan surat mereka.

Dari sayembara itu, Ada 100 surat yang kemudian dipilih panitia independen untuk kemudian dibukukan dengan judul Kenangan Buat Ayah, 100 Surat Anak Nusantara.

100 surat yang dibuat oleh pemenang terpilih tentu memiliki Isi surat sangat beragam, mulai dari pujian, rasa membutuhkan, hingga nada kritis mempertanyakan fungsi bapak sebagai kepala keluarga yang tidak berjalan baik.

Diantara 100 surat tersebut juga memiliki judul yang berbeda. Misalnya, surat berjudul Ayah, jangan pernah bilang lagi, kalau ayah ingin bercerai dengan ibu,. Bapa, bila Bapa tidak mau mendengar keluhan kami maka rumah tangga kita pasti hancur. Ayah, di saat orang tua yang lain malu karena memiliki anak yang cacat, engkau tidak.

Beberapa point Dalam deklarasi Hari ayah, antara lain disebutkan, Bapak adalah pencipta kita dari daging dan darah serta nafasnya yang tertumpah di taman ibunda. Bapak adalah figur yang perlu dikenang oleh anak sepanjang hidupnya

Dilanjutkan Usai deklarasi dilakukan acara sungkeman kepada bapak yang membuat banyak hadirin menitikkan air mata.

Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo yang mewakili Pemkot Solo mengatakan, dengan adanya Hari Bapak diharapkan dapat mengingatkan peran utama bapak serta mencegahnya melakukan sepak terjang yang tidak sesuai dengan norma masyarakat.

Para Peserta yang hadir waktu itu, Usai deklarasi, melakukan longmach dengan iringan liong, drumband sekolah dasar, penari dari ISI Surakarta, rombongan peserta deklarasi berjalan menuju Kantor Pos yang jaraknya hanya dua ratus meter.

Tujuannya untuk mengirimkan piagam deklarasi Hari Bapak dan buku Kenangan Buat Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta bupati di empat penjuru Indonesia, yakni di Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote.


Kelahiran dan Kontroversi Hari Ayah di Belahan Dunia

Hari Ayah ( Indonesia ) Sejak 2006 - Kelahiran dan Kontroversi Hari Ayah di Belahan Dunia
Defender of the Fatherland Day. Sumber gambar telegraph.co.uk

Sejarah mencatat, Hari Ibu memang terlebih dahulu ada, yaitu pada 1860. Merupakan bentuk kampanye perdamaian setelah seorang aktivis bernama Ann Reeves Jarvis mengusulkan perayaan Mother's Work Days, Sekaligus sebagai bentuk untuk menghormati para ibu yang anaknya bergabung dalam militer.

Hari Ibu itu sendiri baru jadi komersil pada 1908, diprakarsai oleh putri Jarvis, Anna, yang ingin menghormati dedikasi ibunya.

Dengan adanya Momen tersebut. Hal ini dianggap sebagai sebuah peluang bisnis dan pada 1909, Ada 45 negara bagian memperjuangkan  hingga pada 1914, Presiden Woodrow Wilson menyetujui hari Minggu kedua di bulan Mei ditetapkan sebagai hari menghormati para ibu.

Namun sebaliknya, Kampanye merayakan Hari Ayah tidak berjalan semulus itu. Peran seorang ayah yang lebih banyak di luar rumah, Bukan hanya itu,  kakunya tradisi ayah dan anak saat itu, serta melahirkan banyak pertentangan.

Pada 1908, sebuah gereja di wiliayah Virginia Barat menggelar sebuah acara berskala nasional yang khusus ditujukan untuk 362 pria yang meninggal dalam ledakan besar di sebuah tambang batu bara yang terjadi pada Desember 1907. Sebenarnya acara  ini Bukan perayaan, acara ini bahkan lebih menyerupai penghormatan dan tidak bernilai komersial sama sekali.

Setelah acara penghormatan itu, setahun setelahnya, seorang wanita bernama Sonora Smart Dodd berusaha agar ada hari untuk berterima kasih kepada para ayah. Disebutkan namanya, Dodd mempunyai lima orang saudara, kesemuanya dibesarkan oleh ayahnya seorang diri sejak sang ibu meninggal.

Ia pun mengumpulkan dukungan, seorang diri  bepergian dari gereja-gereja lokal sampai ke para penjaga toko dan akhirnya, sampai ke pemerintah setempat.

Dari hasil jerih payahnya, berbuah manis, pada 19 Juni 1910, negara bagian Washington resmi merayakan Hari Ayah pertama mereka.

Pada 1916, Presiden Wilson memakai telegraf untuk memerintahkan penduduk mengibarkan bendera sebagai bentuk persetujuan Hari Ayah dianggap sebagai hari nasional.

Namun Presiden Calvin Coolidge 1924, meminta pemerintahan mengobservasi pentingnya hari tersebut. Hingga akhirnya Kontroversi bermunculan, terutama para pria yang justru menganggap Hari Ayah sebagai sebuah penghinaan.

Kegitan dan Bentuk kasih memberi bunga atau hadiah dipandang sebagai bentuk femininitas, ini hanya dilakukan untuk wanita. Juga dianggap sebuah bisnis terselubung karena uang yang digunakan untuk membeli hadiah pun sebenarnya datang dari kantong ayah sendiri.

Sejak tahun 1920 sampai 1930, gerakan kontra semakin membahana. Gerakan ini bahkan berparade setiap tahun di Central Park, New York, Mereka meminta Hari Ayah digabung dengan Hari Ibu dengan nama yang harus diganti menjadi Hari Orang Tua, dengan alasan 'kedua orang tua seharusnya dicintai dan dihormati bersama'.

Selain itu, Para pedagang berjuang mempromosikan Hari Ayah sebagai 'Hari Natal' kedua untuk para pria.

Cara untuk memperingatinya , Mereka berusaha menjual dasi, topi, kaos kaki, pipa dan tembakau serta peralatan olahraga untuk hadiah, namun semua ini menjadi semakin tidak populer seiring menurunnya kemampuan ekonomi di segala aspek.

Saat Perang Dunia II dimulai, pebisnis mengubah strategi dengan menyatakan perayaan Hari Ayah adalah sebuah cara untuk menghormati dan mendukung para tentara di medan perang.

Dengan Argumentasi ini lebih mudah diterima dan pada 1972, di tengah kampanye perebutan kursi presiden saat itu, Richard Nixon menandatangani proklamasi yang menyebut Hari Ayah sebagai hari libur nasional.

Kisah lainnya, di banyak negara di Eropa dan Amerika Latin, Datangnya inspirasi Hari Ayah merupakan hasil dari perkembangan  Hari Santo Yusuf, sebuah hari libur berdasarkan tradisi Katolik untuk menghormati orang suci menurut kepercayaan tersebut.

Hari Ayah Tidak terdata pasti bagaimana awal-mula  di negara-negara lain, masing-masing mempunyai tanggal, kisah, dan mitos masing-masing.

Thailand, Hari Ayah dirayakan pada bulan Desember di hari kelahiran Raja Bhumibol Adulyadej dan semua orang memakai pakaian berwarna kuning.

Meksiko, ada 'Carrera Dia del padre 21K Bosque de Tlalpan' ketika orang-orang berlari sejauh 21 kilometer sebagai bentuk ikatan ayah dan anak.

Rusia, Hari ayah  yaitu penghormatan kepada tentara. Jerman  , para ayah  akan minum-minum bir sembari bersantai di taman terbuka.

Kebanyakan tradisi mengajarkan menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang terdekat sebagai cara merayakan, sambil menyantap makanan berupa menu-menu spesial, serta memberi hadiah atau kartu sebagai pernyataan kasih.

Sampai saat ini, masih banyak yang menganggap Hari Ayah hanya sebuah usaha komersialisme para pengusaha semata.

Terlepas dari segala pro dan kontra, dirayakan atau tidak, tak seharusnya menyayangi ayah menjadi permasalahan karena seperti ibu, kasih ayah pada anak pun sama tulusnya.

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *