Headline

Ikuti Berita!

Masukan Alamat Email. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Orang Mudah Percaya Hoax, Kenapa bisa Terjadi ?

Diposting oleh On 12.25


Berita palsu , Hoax merupakan informasi tidak benar yang buat mengada ada dengan tujuan membodohi publik. Kabar yang meresahakan,menteror , merusak atau menjatuhkan salah satu pihak biasanya di diedarkan melalui media sosial atau sms.

Citangkolo.net - Kenapa bisa, Orang dengan mudah percaya dengan berita hoax? Informasi yang didapat dari sumber manapun sebaiknya dibaca dengan cermat, dan jangan langsung di bagikan tanpa melakukan tindakan apapun seperti melakukan konfirmasi.

Bisa dilihat sendiri , Indonesia merupakan orang yang mudah panik, termakan dengan kabar yang sebenarnya masih simpang siur. Tetapi sudah di bagikan di medsos atau dari mulut ke mulut.

Penyabab Terjadi Hoax Karena ada beberapa Faktor



  • Males baca tapi suka Share

Kita sadar bahwa Negara kita dihuni oleh orang orang yang tidak  hobi membaca. Meskipun ada tetapi mayoritas dan bukan ciri khas kita.

Males baca inilah yang jadi pemicu menjadi orang pelaku penyebar hoax atau jadi korban hoax. Tidak mau membaca adalah pangkal dari Bodoh.Orang yang Males baca/ Bodoh akan jadi sasaran utama untuk jadi korban berita palsu.

Sudah tidak baca, Suka membagikan berita. Hanya melihat judul yang agak propokatif langsung terpancing.

Padahal Klik bait biasanya digunakan oleh media.


  • Pingin Populer

Pingin di anggap oleh publik. Supaya tidak dianggap ketinggalan informasi dan di anggap oleh publik gaul, atau ingin dianggap menjadi orang pertama yang mebagikan berita. Tanpa melihat benar dan salah berita , langsung di bagi.

Orang yang hanya ingin menjadi terkenal di anggap paling tau , Tanpa memikirkan dampat kedapannya bagi sendiri atau bagi yang lain.

Sekarang banyak tuh, yang membuat drama untuk mencari pupularitas . Padahal beli plastik ngakunya di gebukin .


  • Tanpa Konfirmasi

Membagikan informasi yang kejadiannya belum jelas waktu dan pelakunya, ada saksi apa tidak . Sangat bahaya , Apalagi jika yang membagi beritanya , dilakukan oleh orang yang dianggap penting seperti tokoh.

Tokoh yang sudah terlanjur banyak penggemar sebaiknya jangan mudah memutuskan berita kejadian apapun tanpa melakukan konfirmasi yang datail.

Dampaknya akan jelek bagi masyarakat dan sama saja menjatuh nama baik sendiri.


  • Dibayar/ Cari Uang

Ini penyebab hoax  paling parah. Dengan sengaja membagikan informasi yang sebenarnya sudah tau bahwa berita tersebut palsu.

Karena dibayar apa saja dilakukan. Tidak memikirkan dampak buruknya. Penyebab seperti ini bukan hanya isapan jempol.

Berita palsu yang disebarkan di publik dan menyebabkan buruk bagi orang banyak,  Penyebar dan pembuat akan di kenakan UU ITE.


  • Pengalihan isu

Termasuk yang ini. Untuk menutupi masalah yang saat ini sedang nyata terjadi, maka dibuatlah kabar palsu yang heboh, seolah nyata dan menggemparkan publik.

Padahal dilakukan oleh pihak yang hanya cari uang .

Baca juga : Waspada ! Menjelang Pilpres Banyak Berita Hoax

Bahaya Hoax dan Pengaruh bagi Masyarakat .Menimbulkan  Kerugian bagi individu itu sendiri maupun kelompok di kantor tempat ia bekerja.

Dari kabar palsu yang sudah terlajur ditelan mentan mentah, Maka terciptalah pola pikir yang tidak berbeda, bahkan tidak logis.

Hoax adalah sebagai pemicu kepanikan publik. Kita harus bisa mengantisipasi berita hoax, dengan menjadi pembaca berita yang cerdas.

Cara menghindari berita hoax itu Menjadi pembaca yang cerdas. "Cerdas adalah bisa memilih satu dari dua perkara yang benar".

Merupakan kabar baik bagi Masyarakat Bawa Barat, Bapak Ridwan Kamil membuat tim yang merupakan langkah langkah mengatasi hoax ( Tim Saber Hoax )

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *