Headline

Ikuti Berita!

Masukan Alamat Email. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Kisah Nyata : Tertipu via Internet dan Pembajakan Akun Sosial Media

Diposting oleh On 14.11

Tertipu via Internet dan Pembajakan Akun Sosial Media

Alasan kenapa Pengguna Internet harus lebih waspada dan jangan menginstal aplikasi sembarangan. Serta  Jangan merasa sok pintar, atau coba-coba untuk menipu balik si penipu jika kalian tidak cukup pintar.

Citangkolo.Net - Memang Tidak bisa dipungkiri. Saat ini, Internet merupakan layanan yang sudah banyak dinikmati dengan mudah. Internet juga merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa dipisahkan , Apalagi untuk kaum milenial.

Bahkan ada orang yang lebih memilih telanj4ng sambil berjalan di tempat umum ketimbang harus kehilangan akses internet. 

Ada Kisah nyata yang dibagikan melalui dunia maya. Karena kecerobohan , berlaga sok pintar atau hanya jadi korban yang benar benar tidak tau alasannya.  Seperti cerita di bawah ini, yang kutip dari beberapa situs forum online.

Kisah Nyata Tertipu via Internet 

Banyak modus yang digunakan untuk melakukan penipuan. Seperti denga menggunkan SMS broadcash dengan Hadiah jutaan rupiah , hingga terang-terangan lagsung berkomunikasi dengan calon korban.

Kasus seperti Penipuan , memang tidak sedikit orang yang sering dikait kaitkan dengan masalah magis. Atau biasanya dikenal Hipnotis.

Tetapi Berbeda dengan kisah ini, Korban dalam keadaan sadar, malah sok sokan ngerjain penipu. namun pada akhirnya jadi korban juga.

1.Beri Hadiah” dari Aplikasi MyTelkomsel

Pengalaman buruk yang menimpa (sebut saja bawor/samaran) dengan kedok “pemberian hadiah”. Alih-alih mendapatkan hadiah, Bukannya dapat hadiah , eh...  malah kehilangan dan tersedot pulsanya.

Untuk yang satu ini, ditipu dengan menggunakan aplikasi dari telkomsel (maytelkomsel) didalamnya kan ada tuh fitur "Beri Hadiah". Pelakunya memang cerdas, karena menggunakan fitur resmi. Si Bawor agak sangsi dan percaya juga kan jadinya.

Singkatnya begeni__
“HADIAH” dan gratis nelpon

Mereka menelepon lewat nomor HP acak. Namun untuk SMS, mereka memanfaatkan sistem dari aplikasi “MODUS - BERI HADIAH” Fitur yang terdsedia dari aplikasi “MyTelkomsel”.

Karena Apk tersebut memang dibuat telkomsel. Ini yang membuat bawor ikuti arahan mereka. Mereka menggunakan nomor korban/bawor dari jauh, dan meminta beberapa kode-kode yang di-SMS.

Bawor yang sebenarnya agak sangsi, Tetapi karena agak sok tau juga. Kode nya diberikan. Jadi SMS yang didapatkan, NYATA dari server Telkomsel.

Bawor akan diarahkan untuk menerima kode yang diberikan oleh Telkomsel. Akhirnya tanpa sadar Semua kode akan dibacakan.

Ketika Pihak lain sudah menggantongi Kode yang yang  diberikan secara rahasia dari telkomsel. Artinya , Sudah memberikan hadiah, Tersedot Pulsa, Uang ke orang lain.

Dari pengakuan Bawor, Karena agak sok tau, Akhirnya kehilangan harta bendanya. Untungnya Bawor hany kehilngan di bawah 100 rb. Coba kalau Sudah jutaan atau triliunan?

Modusnya Memberi Hadiah dan Gratis telepo, Menggunakan alat/ Aplikasi resmi dari telkomsel.

Karena Sebenarnya Bawor sadar. Setelah itu menelepon CS Telkomsel. Jawaban Telkomsel, tidak pernah menelepon costumernya melalui nomor lain, se Unik apapun nomornya! Mereka akan selalu melakukan call hanya dari 188 atau Telkomsel Care langsung.

Pintar juga yah. menggunakan aplikasi resmi untuk menipu.

2. Menjadi Jaminan, Terlibat dalam Hutang Orang lain yang Jumlahnya Jutaan

Untuk kisah yang ini. Ia terlibat jadi Jaminan Hutang orang lain tanpa sepengetahuan dan ijinnya. Hanya Korban Identitas.

Singkat Cerita__
Tepe (nama samaran) menjadi korban acak aplikasi hutang online

Saat Tepe membuka HPnya .  Kaget,  karena ada SMS masuk yang mengatakan bahwa Si Man memiliki hutang senilai 2 juta rupiah plus bunga yang belum terbayarkan.

Man Merupakan mantan, teman kantornya yang sudah lama sekali tidak  ketemu, Bahkah  tidak pernah kontak, dia pun tidak tahu Si Man ini dimana dan bagaimana kabarnya sekarang.

Tepe sedikit buruk sangka karena Man diam-diam menjaminkan namanya saat mengambil hutang.

Selang hari kemudian. Tepe  bertemu dengan Man. Akhirnya dia bertanya ke Si Man. Ternyata Si Man Juga  kaget bukan main . Padahal si Man sama sekali tidak pernah memberikan kontak atau nama tepe untuk jaminan saat hutang dari online dari aplikasi.

Mereka bingung sebab nggak pernah ada cerita macam ini sebelumnya.
Umumnya , Sebelum mengutankan, harusnya pemberi hutang telepon dulu dong memastikan kamu temennya atau bukan.

Yang mereka tanyakan. Darimana debt collector itu tahu bahwa Tepe dan Man kenal?

Ternyata kuat dugaan bahwa mereka 'mencuri' data di buku telephone nasabahnya saat mereka menginstal untuk mengajukan peminjaman.

Kecurigan lainnya.  kok bisa ya mereka malah nagihnya ke teman-teman debitur dan rasanya sangat random.

Di sosial media ternyata sudah banyak yang berbagi cerita kasus yang sama.
Banyak yang mengalami kejadian serupa. Ujug-ujug mereka disms, di-Whatsapp, bahkan ada yang ditelepon sambil marah-marah oleh petugas dari aplikasi utang itu untuk menagih utang kawannya.

Semua dari dua kisah ini, Kita semua bisa lebih bijak dalam menggunakan internet dan lebih teliti dalam menggunakan Aplikasi aplikasi yang sangat banyak beredar, dengan berbagai genre.

Pembajakan Akun Sosial Media

Internet dan penggunaan Media sosial merupakan pintu awal menjadi korban penipuan semacam dua kisah diatas.

Dalam dunia jagat maya ada beberapa istilah yang tidak asing. Perilaku ini merupakan hal yang selalu dimiliki oleh sosial media.

Bahkan , tidak sedikit pengguna sosial media tidak sadar atas perilku ini.

Mining Data

Aktiftas mengumpulkan data atau penambangan data, untuk dapat memahami lebih jauh mengenai perilaku data yang diamati, dan untuk dapat memperkirakan kondisi yang akan terjadi di masa mendatang atau disebut Prediksi.

Hampir semua aplikasi menggunakan ini. Mengunmpulkan data, termasuk hal pivasi seperti email, nomer telephone.

Data ini lah yang kadang digunakan untuk melakukan aksi jelek seperti kisah tepe. Meskipun data terkumpul tapi tdak semua aplikasi menyalahkan gunakan. Data atau privasi semua ada Hukum.

Pishing

Tindakan pishing merupakan , langkah mengelabuim tindakan menipu , memancing supaya pengguna sosial media dengan tidak sadar memberikan data privasinya dengan cuma-cuma.

Istilah Phising dalam jagat internet adalah suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui target dengan maksud untuk mencuri akun target.  “memancing” korban untuk terperangkap dijebakannya. Phising bisa dikatakan mencuri informasi penting dengan mengambil alih akun korban untuk maksud tertentu.

sebab pishing
Ceroboh dalam aktifitas online. Beberapa saat yang lalu dihebohkan dengan kabar , 50 juta akun pengguna terpengaruh oleh serangan tersebut, di mana penyerang dapat mengambil alih akun pengguna.

Dilansir dari beberapa media mengatakan, sebab akun di ambil alih pihak tidak jelas itu, Akun yang senang menggunakan situs kuis. misal situs namtes atau iseng iseng . ini diduga penyebab kebocoran data facebook,  dan situs lain login menggunakan akun facebook.

Langkah paling Gampang supaya tidak menjadi korban pishing__ Jangan Login Akun Media Sosial Lain Menggunakan Facebook

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *