Headline

Ikuti Berita!

Masukan Alamat Email. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Waspada ! Menjelang Pemilu 2019 Banyak Berita HOAX - Cara Membedakan Berita Hoax dan Fakta

Diposting oleh On 13.03


Cek Keaslian Berita dengan Cara ini - Berita yang beredar di Sosial media , sebelum dibagikan harus terindentifikasi keasliannya. Pastikan berita yang dibaca berasal dari sumber yang akurat.

Citangkolo.net - Sosial media merupakan sarana ampuh untuk menyebarkan berita, kejadian, yang berupa artikel, video atau link yang menuju ke halaman website.

Sebagai pengguna Medsos, Seperti facebook, Twiter instagram dan banyak liannya. Harus lebih teliti ketika akan membagikan ke pengguna lain.

Apalagi sekarang, Menjelang pemilu di tahun 2019. Merupakan waktu yang tepat untuk menciptakan pehamanan , ideologi, guna untuk memenangkan calon yang andalkan.

Terkadang ada oknum yang menggunakan cara busuk, yaitu dengan menyebarkan kabar palsu, kabar tidak nyata seolah nyata.

Tujuan dari membuat kabar hoax tidak lain untuk mencapai kemenangan pilihannya atau menjatuhkan lawan.

Untuk itu, Sebagai pengguna media sosial. Harus bisa menbedakan berita fakta atau berita palsu yang dibuat dan jangan mudah percaya sebelum mengetahui keasliannya.

Membagikan berita berita yang beredar diberanda jejaring sosial sobat boleh boleh saja. Tapi sebelum Memutuskan untuk membagikan harus labih hati hati dan upayakan untuk cek sumber dan kefalidannya.

Untuk mengetahui kabar Palsu atau Fakta, bisa dilakukan dengan cara ini.

Untuk mengetahui kabar Palsu atau Fakta

1. Baca dengan Cermat

Sebelum menyebarkan lebih banyak pengguna lain, biasakan untuk membaca lebih teliti hingga selesai. Jangan dibiasakan hanya membaca sebagain teks atau membaca Judul, kemudian di bagikan tanpa mengetahui isi dari Berita yang dibagikan.

Kenapa harus dibaca lebih detail. Berdasarkan pengalaman admin, berita yang dimuat oleh portal besar terkadang menggunakan Judul yang agak satir, nyeleneh kadang bisa menipu calon pembaca. Tujuan dari itu untuk membuat penasaran, dan mencari rating.

Terkadang berita buruk dibungkus dengan Judul baik, atau sebaliknya. ini banyak terjadi di banyak situs.

Ketika sobat orang yang mudah percaya , hanya dengan melihat judul saja langsung dengan sikap, tanpa pikir panjang, membagikan di beranda sediri.

2. Lakukan Konfirmasi

Baca hingga selesai beritanya, Namun setelah selesai sobat masih tidak yakin dengan yang dibaca. Maka Tanyakan ke Penyebar sebelumnya.

Apakah ini benar, atau Sumbernya dari mana, Melihat sendiri atau hanya katanya katanya saja. atau hanya ikut ikutan membagikan karena lagi viral saja.

Untuk memastikan fakta atau tidak, Kalau hanya dengan dua langkah ini ternyata masih belum yakin.

Oknum yang memang sengaja menyebarkan kabar bohong, tentu tidak akan mudah buka mulut. Wajarlah , kan dibayar . Atau memang memiliki kepentingan yang menguntungan sendiri atau kelompoknya.

Contoh : Pengguna facebook membagikan Gambar  dari akun seorang tokoh, artis atau gambar orang menderita ( Capture) dan  hanya bisa dilihat judul dan sedikit deskripsi . Hal semacam ini harus di cek. jangan langsung percaya.

3. Cek Kredibilitas Media

Sangat penting melihat sumber berita. Entah dari website atau dari brodcash di grup. Jadi sebelum share . Pastikan di cek. Siapa penyebarnya, websitenya. Apakah hanya website abal atau karangan tanpa dasar.

Sekarang banyak website dadakan yang memang sangaja dibuat untuk membagikan berita palsu. Artnya sobat harus bisa membedakan website yang benar,  memuat hal yang jelas sumbernya dan terbukti akurat.

Tidak sedikit Website abal abal dengan menggunakan ( Gratisan ) digunakan untuk alat membagikan informasi tidak jelas.

dan banyak pula website yang berbayar, dijadikan alat membagi informasi secara online yang menyampaikan kejadian tidak nyata atau dibuat buat.

Jadi, Sebagai pengguna media sosial. Tidak perlu heran dengan kemajuan jaman, Membuat website itu sangat mudah. Jadi labihlah hati hati.

4. Cocokan Berita, Cari di internet

Memang sudah jamannya. Ketika sobat masih berpikir kritis tapi tidak etis. Males baca tapi mudah percaya, dan tidak Kepo dalam hal baik, serta hanya bisa facebookan saja, share -share ga jelas. Tapi bukan Gaptek yah. Jaman sekarang kayaknya sudah ga ada orang Gaptek . Admin percaya kok.

Cobalah buka halaman pencarian, Melalui google atau peramban lain. dengan kata kunci yang sama dengan berita .

Berita yang memang nyata, biasanya akan dimuat di beberapa media besar , portal terpercaya, Seperti Citangkolo.net ini.

Maksudnya gini. Berita yang benar ada pasti akan di bahas di banyak media . Nah dari beberapa media tersebut sobat bisa mencocokan dengan berita yang sedang dibaca.

Apabila dari beberapa sumber berita mengatakan sama, meskipun cara penyampaiannya berbeda tapi intinya , temanya masih sesuai.

Dengan 4 Cara untuk memasitikan berita palsu atau benar ini, Sobat bisa setidaknya mengurangi berita berita palsu yang beredar di media sosial.

Membuktikan ke Validan berita sebenarnya ada banyak cara bukan hanya 4  ini. Tapi ini merupakan cara yang paling gampang untuk mengecek berita hoax dan fakta.

Coba simak Video ini. Mungkin bisa membantu sobat . Pada video ini merupakan langkah membuat berita palsu. ini hanya pembelajaran supaya lebih hati hati.

Video : Cara mengecek Berita hoax atau fakta, dari Media sosial internet.

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *