Berita Utama

Ikuti Berita!

Masukan Alamat Email. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Yuk Cari Tau Ciri Ciri Situs, Blog Yang Aman Dikunjungi Menurut Google

Diposting oleh On 13.01

Yuk Cari Tau Ciri Ciri  Situs, Blog Yang Aman Dikunjungi Menurut Google

Citangkolo.net - Mengunjungi sebuah Website harus diperhatikan dengan baik , Terutama website yang meminta informasi pribadi. Ketika Data pribadi sudah dikantongi oleh orang yang tidak bertanggung jawab tentu akibatnya beresiko .

Pertanyaannya sekarang, #CNeter dalam sehari berapa kali masuk website orang lain? dan berapa jumlah website yang dikunjungi dalam waktu satu hari?

Mungkin tidak pernah menghitung dan memperhatikan , Apakag situs yang dikunjungi saat itu merupakan situs yang aman .

Situs atau website yang kami maksud disini adalah Situs yang , Ketika #Cneter masuk , Berkunjung meminta memasukan informasi , data probadi bahkan nomer rekening atau nomer KTP.

Sebagai contoh seperti website Media sosial seperti Facebook. Situs tersebut merupakan website yang memita Data pribadi, seperti memasukan alamat email, nomer telepon dan identitas lainnya.

Kenapa Penting , Akibat dari sembarang berkunjung ke situs tanpa memperhatikan aman atau tidak bagi pengguna, memang tidak secara fisik. Namun pada data nantinya lebih berpotensi untuk jadi korban kejahatan atau sebagai alat kejahatan tanpa sepengetahuan kita dengan atas nama data kita.

Supaya #Cneter tidak menjadi korban kejahatan dunia internet, atau supaya Identitas terjaga dengan baik, Sebaiknya Kenali beberapa Ciri website yang aman ketika memasukan data.

Ciri Ciri Website Atau  Blog yang Aman

Keakuratannya memang tidak 100% , Karena bisa saja kejahatan dapat dilakukan dengan membuat website yang sama dengan website pada umumnya, hingga tidak bisa di lihat dengan mata kepala. Website bisa saja di buat baik tetapi bisa saja pemilik website menyalah gunakan untuk keperluan yang tidak wajar.

Selain itu Sebaik-baiknya Website, se Aman-amannya blog pasti ada celah yang menjadi pintu bagi para hacker yang master.

Menurut Versi Google website yang menggunakan Enkripsi Lebih aman dari pada situs atau blog yang tidak menggunakan enkripsi.

Apa itu Enkripsi?  Merupakan cara perlindungan informasi elektronik di zaman modern, sama halnya seperti brankas dan kunci kombinasi yang melindungi informasi di atas kertas di masa lampau. Enkripsi Merupakan penerapan teknologi kriptografi: informasi dikonversi ke bentuk yang sulit dipahami—terenkode—sehingga hanya bisa dibaca dan diterjemahkan ke bentuk yang dapat dipahami—terdekode—dengan sebuah kunci.

Situs atau Blog yang menggunakan Fitur Enkripsi, Biasanya ditandai dengan menggunakan alamat diawali dengan https:// ( alat teknis yang digunakan browser untuk tersambung ke situs).

Blog atau situs yang alamat url-nya di awali HTTPS merupakan terenkripsi, yang menjadikannya dianggap lebih aman. #Cneter dapat mengetahui apakah sambungan kunjungan ke situs aman atau tidak, jika melihat tanda HTTPS sebagai ganti HTTP pada URL.

Pada umumnya browser juga memiliki ikon yang menunjukkan sambungan yang aman—misalnya, Pada Chrome maka menampilkan gembok berwarna hijau.


Keuntungan website atau blog yang memiliki alat enkripsi dengan menggunakan HTTPS dibandingkan HTTP .


  • Apabila Blog yang #Cneter kunjungi ada enkripsi, Dapat dikatakan bahwa pengunjung Anda membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs berbahaya.
  • Membantu mendeteksi jika ada penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirim oleh Blogger ke pengunjung.
  • Menambahkan langkah pengamanan yang akan mempersulit orang lain untuk mendengarkan percakapan pengunjung, melacak aktivitas mereka, atau mencuri informasinya.

Dengan adanya enkripsi dapat disimpulkan bahwa dapat membantu bagi pemilik blog untuk meyakinkan bahwa blog yang di kunjungi aman. Pengunjung juga bisa melihat dengan adanya enkripsi, Apabila blog terenkripsi meminta data maka blog tersebut sudah menggunakan fitur aman.

Cara lain : Selain blog atau situs yang terenkripsi ada alternatif yang bisa digunakan untuk melihat ,
Disarankan langsung oleh Google, Sebelum mengunjungi situs lebih baiknya di cek apakah situs yang akan dikunjungi aman atau tidak, apakah didalamnya ada perangkat perusak, atau virus dan lain sebagainya.

Google punya situs yang dapat memeriksa miliaran URL per hari, dapat mencari situs tidak aman. Setiap hari google menemukan ribuan situs baru yang di anggap tidak aman, sebagian besar merupakan situs sah yang telah disusupi. Jika mendeteksi situs yang tidak aman, maka google akan menampilkan peringatan di Google Penelusuran dan browser web.

Apabila #CNeter pingin mencoba atau sekedar melihat-lihat saja, Silahkan bisa dilihat dari Status situs.


Jumlah  Website, Blog di seluruh Dunia

Ada jutan ribu website di dunia ini, Baik sudah aktif atau yang baru dibuat. di kutip dari http://www.internetlivestats.com/ tercatat 1,864,825,956 website yang aktif dikunjungi. Sebanyak itu termasuk citangkolo.net. 

Data yang ditulis disini merupakan saat di captur, Jumlah website dalam tiap detiknya berganti-ganti. Citangkolo.net tidak bisa menyebut jumlah pastinya. Kalau #CNeter mau lihat, silahkan buka sendiri.



Dari Jumlah yang tercantum diatas dari jumlah Populasi dunia sekitar 7,634,758,428 hampir setengah merupakan pengguna aktif internet.

Dengan jumlah Milyaran website aktif, pasti ada banyak website yang tidak aman untuk dikunjungi. Supaya tidak menjadi korban kejahatan dunia maya, Tentu harus tau dan lebih berhati-hati.

Asia Meruapakan Wilayah Negara Terbesar dengan pengguna internet aktif, dibanding wilayah negara lain. Seperti yang bisa #Cneter lihat dibawah ini:

Pengguna Internet tahun 2017 untuk wilayah asia mencapai 4,156,932,140 . Data ini di ambil dari https://internetworldstats.com .
Indonesia posisi berapa yah?

Jumlah Pengguna Website, Blog  Di Indonesia

Ternyata Orang di Negara kita termasuk paling doyan dan mengalami kenaikan pengguna internet sangat drastis.  Indonesia dengan Populasi sekitar , 266,794,980 dari jumlah Pengguna Internet pada 2000 sekitar 2,000,000. (https://www.internetworldstats.com/stats3.htm#asia)

Tercatat kenaikannya sangat nyata , Pengguna ditahun 2017 menjadi 143,260,000. dan yang menariknya hampir 50% pengguna Facebook 130,000,000. Wow ....

Dengan jumlah sedemikian fantastis, Yang sebagai pengguna aktif produktif barapa ? atau hanya  aktif  konsumtif saja?

Bagaimana #Cneter sudahkan kalian berkunjung ke website yang aman? 

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *