Berita Utama

Ikuti Berita!

Masukan Alamat Email. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Manfaat, Kekurangan dan Kelebihan UNBK Bagi Siswa dan Pemerintah

Diposting oleh On 23.10

CitangkoloNet. Setelah beberapa tahun ini Pelaksaan Ujian Nasional Sudah dilakukan dengan alat elektronik/Komputer, Meskipun belum semua sekolah melaksakan UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK) , masih banyak sekolah yang mengukur pencapaian kelulusan dengan UJIAN NASIONAL KERTAS DAN PENSIL (UNKP). Ini terjadi kerena beberapa kendala yang memang sekolah belum bisa melaksanakan UNBK, Semisal belum ada alatnya, Komputer spek tidak memenuhi hingga masalah SDM dan jaringan .

Apa Itu UNBK ?

UNBK adalah UN dengan menggunakan komputer yang dilengkapi dengan perangkat lunak (software) yang khusus dikembangkan untuk Ujian Nasional untuk menampilkan soal dan proses menjawabnya dengan tingkat kesulitan yang sama dengan UN tertulis.

Istilah lain Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Data yang dihimpun dari situs resmi UNBK , Hingga saat ini Jumlah Sekolah yang sudah melaksakan UNBK dari Keseluruhan Sekolah yang ada di Indonesia memang sudah hampir merata.  Jumlah siswa dari berbagia jenjang , dilihat dari Statistiknya sebagai berikut:

Untuk Tingkat SMP, Tercatat 18.253 Sekolah yang sudah melaksankan UNBK dengan Total 2.003.800 Peserta. Untuk sekolah di bawah Bimbingan Kementrian Agama (MTs) tercatat sudah 10.451 sekolah dengan total siswa 688.106 sebagai Peserta. Untuk Tingkat atas (SMA)masih di bawah dari tingkat SMP, Tercatat untuk tingkat SMA sekolah yang sudah melaksanakan UNBK tahun ini dengan jumlah 11.382 dan Peserta 1.394.497.

Sedangkan Untuk Sekolah/ Madrasah (MA) Tercatat 7.008 sekolah dan Peserta 416.913 siswa. dan untuk Sekolah kejuruan (SMK) memang labih banyak dari sekolah-sekolah setingkatnya, tercatat 12.507 sekolah , Peserta 1.459.512.

Dari keseluruhan jenjang , Tingkat dasar dibawah bimbingan Dinas Pendidikan (SMP) memang sudah jumlahnya lebih banyak, sekitar 18 rb sekolah dn 2jt peserta, diikuti SMK, SMA, MTs dan MA. Jumlah dari semua jenjang , 59.601 Sekolah dan untuk peserta 5.962.828.

Grafik UNBK tahun 2017/ 2018 dari semua jenjang persentasenya sebagai berikut:
Grafik UNBK SMK


Grafik UNBK SMA. MA

Grafik UNBK SMP. MTs

Tujuan Ujian Nasional secara umum untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan sub-sistem penilaian dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP) menjadi salah satu tolak ukur pencapaian SNP dalam rangka penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan.

Sedangkan Manfaat dari UN, Untuk Pemetaan mutu program pendidikan dan/atau satuan pendidikan, pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya.

Siswa wajib mengikuti satu kali UN, untuk mata pelajaran tertentu yang dibiayai pemerintah, dalam rangka mengukur pencapaian kompetensi lulusan secara nasional.

Apabila siswa tidak dapat mengikuti UN, Kelulusan dari satuan pendidikan belum dapat ditetapkan karena siswa tersebut belum mengikuti, namun Siswa yang bersangkutan wajib mengikuti UN berikutnya, karena sesuai dengan ketentuan dalam PP, siswa wajib mengikuti UN satu kali yang dibiayai oleh pemerintah.

UN bukan untuk menentukan kelulusan, Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditentukan oleh satuan pendidikan berdasarkan rapat dewan guru atau tutor.

Manfaat UNBK dibandingkan UNKP bagi pemerintah pusat, diantaranya:



Apa manfaat UNBK dibandingkan dengan UNKP bagi siswa dan satuan pendidikan?
  • Lebih kecil kemungkinan terjadi keterlambatan soal, tertukarnya soal, dan ketidakjelasan hasil cetak soal.
  • Tidak ada kerumitan pengumpulan LJUN.
  • Gambar menjadi lebih jelas.
  • Lebih mengakomodasi siswa dengan ketunaan. Misalnya, untuk ‘low vision’ tulisan dan gambar bisa diperbesar.
  • Hasil UN dapat diolah dan diumumkan secara lebih cepat.
  • UN dapat dilakukan beberapa kali dalam setahun.
  • Memudahkan dalam pengamanan dan penyediaan logistik.

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *