Berita Utama

Ikuti Berita!

Masukan Alamat Email. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Screenshot PC/ Laptop dengan Resolusi Tinggi

Diposting oleh On 11.55

CitangkoloNet. Mengambil gambar di layar laptop atau PC tanpa aplikasi atau Mengambil Gambar dengan aplikasi yang ringan. Untuk Capture Layar Monitor dengan ukuran Maksimal dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Pada pembahasan ini , akan mengurai 3 cara cara yang paling effektif untuk screanshot. Yaitu Pertama, Langsung dari Windows tanpa Aplikasi . Kedua, Menggunakan aplikasi Bawaan windows 10. Ketiga, Denga bantuan Pihak lain Aplikasi lightshot.

Screenshot itu apa?
Screenshot adalah gambar yang dihasilkan dari tangkapan layar , bisa itu dengan ukuran penuh atau hanya beberapa bagian yang dipilih. Seperti contoh dibawah ini merupakan Hasil Screanshot pada windows 10 dengan Ukuran penuh.
Gambar Windows Hasil Capture
Hasil Screenshoot Windows 10 Full
Bagi #CNeter yang hendak Mengambil screenshot di PC/laptop bersistem operasi Windows 7, Windows 8, Windows 10, hingga Windows keatasnya, bisa mengambil screenshot dengan beberapa cara yang mudah dilakukan. Namun pada tulisan ini akan lebih cendrung dengan Windows 8 hingga Windows 10 dapat diambil screenshot dengan keyboard shortcut.

Cara Screenshot laptop hasil resolusi tinggi tanpa Aplikasi

Pada langkah ini , Screenshot di windows 10 tanpa aplikasi. Termasuk langkah yang paling gampang , karena Hampir semua windows 8-10 bisa. dan tanpa harus nambah aplikasi .

  • #Langkah1 Mengambil Screenshot Layar Komputer
Tekan Logo Windows + Print Screen (PrtSc) cara ini bisa digunakan untuk mengambil screenshot di Windows 8, dan Windows 10, tekan Logo Windows+Print Screen (PrtSc) secara bersamaan di keyboard komputer, nanti akan melihat layar berkedip. Jika ada tanda itu berati bahwa screenshot telah diambil. Untuk Melihat Hasilnya bisa dilihat pada Folder di komputer.
( PC - Picture - Screenshots )
Cara Mengambil Screenshot Layar Komputer
Hasil Capture Windows (Klik Gambar Untuk Memperbesar)
Cara diatas merupakan langkah Ambil gambar pada layar langsung dari windows. Namun cara ini hanya bisa mengambil langsung tanpa memilih bagian tententu. Untuk bisa ambil gambar hanya beberapa bagian akan dijelaskan pada Langkah Berikutnya.

Aplikasi Terbaik dan Mudah Untuk Mengambil Screenshot Pada Laptop/PC

Aplikasi screen capture untuk laptop Di Windows, ada aplikasi bawaan , tanpa unduh atau gunakan pihak lain, yang bernama Snipping Tool. Fungsi Aplikasi ini untuk mengambil screenshot dan bisa untuk membuat keterangan anotasi. Contohnya gambar berikut ini.
Mengambil Screenshot Pada Laptop/PC
Aplikasi screen capture

Untuk menemukan aplikasi ini, cari melalui Cortana (Windows 10) atau buka Start dan ketik “snipping tool”.
  • #Langkah2 Cara menggunakan snipping tool windows 10
Aplikasi screenshot bawaan windows yang satu ini cukup baik. Selain Hasil Gambar yang baik, Kelebihan lain bisa di kasih notasi pada bagian tertentu untuk memberi tanda khusus dengan berbagai model seperti garis pen, dan Stabilo.
Cara menggunakan snipping tool windows 10
Hasil Snipping windows 10
Letak snipping tool di windows 10, lanhkah paling gampang bisa dengan cara Mengetikan "snipping" pada pencarian di komputer disebalah bawah bagian kiri. biasanya dengan menggunakan Cortana Untuk Windows 8 dan 10.

Cara menggunakan snipping tools, Setelah cari dari pencarian windows kemudian klik aplikasi snipping nanti akan muncul kira-kira seperti ini.
Cara menggunakan snipping tools
Untuk mengambil gambar dengan snipping, klik pada 'new' atau dengan menekan alt+n pada keyboard. Ada beberapa model yang bisa digunakan , Layar penuh, atau dengan bentuk kotak / persegi yang dapat disesuaikan dan Bentuk dengan menggunakan pen. Untuk mengganti model klik pada MODE.

Apabila sudah muncul Hasil gambar yang sudah di Capture, nanti akan muncul beberapa pilihan untuk memberi notasi, Seperti ;
Hasil gambar yang sudah di Capture
Keterangan:
  1. Delay untuk mengatur kecepatn waktu, 
  2. Save untuk menyimpan Hasil Capture, 
  3. Copy, hasil gambar Tangkapan dari layar bisa langsung di Copy. 
  4. Mail, Bisa langsung dikirim denga surat elektronik, Namun pada bagian ini, penulis belum pernah mencoba
  5. Pena, Merubah jenis warna pena dengan pilihan merah, biru dan hitam untuk pilihan standar. Untuk warna lain bisa dipilih dari costume.
  6. Stabilo, pada bagian ini warna stabilo standarnya warna kuning dan yang terakhirm
  7. Delete, Menghapus coret-coret atau stabilo pada gambar tangkapan layar.
Aplikasi screenshot laptop hasil resolusi tinggi


  • #langkah3 Cara Screenshot menggunakan Lightshot
Beberapa aplikasi ini merupakan 2 Aplikasi screenshot pc resolusi tinggi dengan penggunaan yang mudah serta memiliki kapasitas yang kecil.

Lightshot bisa didapat dari pihak lain , bisa dicari dari google dengan kata download aplikasi screen capture untuk laptop atau bisa langsung spesifik nama apalikasinya.

Cara Gunakan lightshot, Setelah download lightshot full version dan sudah di instal pada pc/laptop sekarang tingal menggunakannya. oh ya.. selain di instal pada pc ada juga screenshot lightshot chrome extension. Aplikasi ini bisa langsung dipasang pada googlechrome.
Cara menggunakan lightshot di laptop
Apabila ektensi atau aplikasi lighshot sudah terpasang Tekan tombol Print Screen (PRTSC SYSRQ) Pada keyboard. Tanpa (alt) atau lainnya. Nanti akan secara langsung layar monitor akan menjadi agak gelap dengan Pilihan Kursor (pilih area). Drag , atau menekan lama mouse kiri-tarik bagian yang akan di capture. Nanti munculnya seperti ini;
Langkah menggunakan lightshot di laptop
Cara Gunakan lightshot
Keterangan:
Kolom Tool
Pada bagian pertama ada kolom dengan beberapa Fitur yang diantaranya untuk membuat anotasi seperti dengan menggunakan pena, Garis lurus, Garis dengan Panah, serta Dengan benyuk persegi atau kotak . Selain memberi bagian itu juga bisa disisipi Tulisan dengan pilih T pada bagian Kolom.

Baris Tool
  1. Cloud, Untuk Langsung mebagikan hasil captur melalui situ resmi https://prnt.sc/ . secara otomatis akan tersimpan di sana tanpa harus menyimpan di laptop, asal punya link nya bisa di ambil kapan saja. contoh https://prnt.sc/ihn16b
  2. Share, Setelah Capture dan akan membagikan ke yang lain klik pada bagian ini, nanti akan muncul link.
  3. G, langsung dibagi ke Google +
  4. Copy, Dari hasil tangkapan dan langsung di Copy
  5. Save, Untuk menyimpan hasil tangkap layar ke laptop
Cara mengambil gambar di layar monitor atau desktop dengan Lightshot sudah dipaparkan ini merupakan  Aplikasi screenshot laptop hasil gambar resolusi tinggi.
Semoga bermanfaat.

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *