Headline

Ikuti Berita!

Masukan Alamat Email. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Menelan 5 Korban Tewas dan 15 Luka Luka Saat Longsor di Brebes

Diposting oleh On 19.06

Longsor di Brebes, Korban 5 Orang Tewas dan 15 Masih Dalam Pencarian Tim SAR
Warga brebes gotong royong dalam pencarian longsor ( Photo By : PBPN )

CitangkoloNet - Sekitar sebanyak lima korban meninggal dalam bencana longsor yang menimpa petani di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Data tersebut disampaikan, Sutopo Purwo Nugroho berdasarkan laporan dari bupati Brebes yang berada di lokasi longsor, Kamis (22/2/2018) sekitar pukul 14.30 WIB. Korban 5 meninggal adalah Karsini, Sapto, Wati, Radam, dan Kiswan.

Longsor yang terjadi selain korban meninggal, bencana alam ini juga mengakibatkan 15 orang hilang dan 14 orang terluka. Hingga kini, tim SAR gabungan terus melakukan evakuasi korban longsor.

Kabid Humas BNPB Sutopo, dalam jumpa pers yang disebar melalui WhatsApp, Sutopo menjelaskan, pencarian korban longsor dilakukan oleh Tim SAR gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, PMI, Tagana, relawan, dan masyarakat.

"Tim SAR sangat sulit mencari korban karena tanah masih bergerak, material longsor gembur, tebal dan cukup luas. Alat berat belum dapat digunakan untuk mencari korban," kata Sutopo, Kamis.

Dimana kesulitan lainnya dalam pencarian adalah cuaca mendung berpotensi hujan. Prinsip safety first dijadikan pedoman tim SAR gabungan dalam pencarian korban.

"Pemerintah dan BPBD Kabupaten Brebes sedang mengajukan penetapan status tanggap darurat bencana longsor kepada bupati Brebes," kata Sutopo.

Pemerintah Brebes menerapkan masa tanggap darurat selama 14 hari mulai diberlakukan dari 22 Februari 2018 hingga 7 Maret 2018. Status tanggap darurat diperlukan untuk kemudahan akses penanganan darurat longsor.

"Proses pendataan masih dilakukan. Saat masa darurat seperti saat ini data akan selalu bergerak. Korban hilang didasarkan pada laporan warga sekitar," tandas Sutopo.

Dia mengimbau masyarakat sekitar yang dekat dengan lokasi longsor untuk tidak mendekati karena berbahaya adanya longsor susulan. Apalagi jika terjadi hujan, material longsor yang labil akan mudah terjadi longsor susulan.

Dijelaskan, lokasi longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, termasuk kategori zona rawan sedang hingga tinggi longsor. Mahkota longsor dari perbukitan di hutan produksi Perhutani BKPB Salem Petak 26 PlRPH Babakan longsor kemudian menimbun sawah di bagian bawah.

"Pada waktu kejadian longsor, cuaca tidak hujan. Lahan pertanian sawah berada di bagian bawah agak jauh dari perbukitan mahkota longsor," katanya.

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *