Ini Cara Registrasi Sim Card dengan nomor KK/NIK

Pemerintah Wajibkan Melakukan Registrasi Sim Card dengan nomor KK/NIK

Supaya Simcard Tetap bisa digunakan, Pelanggan Lama atau Baru Wajib Lakukan Registrasi dengan NIK/KK

Untuk menyesuaikan data kepemilkan milik  kemendagri dengan data pemilik simcard, Kemeninfo mengharuskan pemilik simcard melakukan regitrasi ulang.
Validasi atau registrasi ulang di dimulai 31 oktober 2017.
untuk pelanggan baru mekanisme validasi menggunakan nomer nik dan kk sedangkan untuk pelanggan lama wajib wajib melakukan registrasi ulang paling lambat 28 Februari 2018.
Menurut komisioner bidang hukum BRTI, Data-data terdahulu belum divalidasi dengan database atau pusat data yang tersedia di kementrian dalam negri.
 validasi diharuskan untuk membandingkan data yang telah teregistrasi dengan data kependudukan yang ada di kementrian dalam negri.


Tahapan Validasi SimCard

1. Diberlakukannya Validasi data calon pelanggan dan pelanggan lama berdasarkan NIK dan nomer KK atau nama Ibu kandung yang terekam di database ditjen dukcapil
2.Registrasi dilakukan langsung oleh calon pelanggan yang memberi kartu perdana,serta registrasi ulang bagi pelanggan lama.
3. Proses Registrasi dinyatakan berhasil apabila data dimasukan calon pelanggan lama prabayar tervalidasi
4.Apabila tidak tervalidasi,Pelanggan wajib mengisi surat pernyataan
5. Dampak dari tidak dilakukan registrasi sesuai ketentuan adalah calon pelanggan tidak bisa mengaktifkan kartu perdana dan pemblokiran nomor pelanggan lama secara bertahap
6. Pelanggan dapat menghubungi layanan masing-masing penyelenggara jasa telekomunikasi atau ditjen dukcapil untuk info data kependudukan

Kemeninfo dalam hal ini sudah malukan pemberitahuan melalui SMS broadcast.
Jika ada pelanggaran pada kewajiban ini, ada sanksi yang menunggu bagi pelanggan, maupun operator terkait.
"Ada (sanksi), seperti di Pasal 22 (Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 tahun 2017). Isinya berupa sanksi administrasi sampai pencabutan izin bagi operator," kata Menkominfo Rudiantara.

registrasi pelanggan seluler merupakan upaya pemerintah mencegah penyalahgunaan nomor dan melindungi konsumen, terutama bagi pelanggan prabayar.
Nah..Bagi kalian yang masih ingin simcardnya tidak diblokir, dan sampai saat ini belum registrasi ulang, ayoo secepatnya sebelum batas waktu habis.

CARA REGISTRASI KARTU PRABAYAR

Yang paling mudah dan cepat dengan SMS ke 4444
REG(spasi)Nomer KTP#NOmerKK#
ULANG(spasi)Nomer KTP#NOmerKK#

ContoH; REG 1234567892039#12348906985#
kalau yang Ulang
ULANG 1234567892039#12348906985#
kemudian kirim ke 4444 (GRATIS)

0 komentar: