Hati-hati Beredar Ekstensi Palsu Pada Google Chrome

Hati-hati Beredar Ekstensi Palsu Pada Google Chrome

CitangkoloNet. Ekstensi yang tersedia pada toko web chrome memang sangat membantu dalam melakukan aktifitas berselancar dalam mencari konten. Ribuan aplikasi tersedia ditoko web chrome,baik yang gratis dan berbayar, mulai dari tema, aplikasi/ekstendi hingga games menarik. 
Sebenernya bukan hal mudah untuk bisa menampilkan sejenis ekstensi di toko chrome,tentu harus melalui seleksi dan proses yang ketat.
namun tidak dinyana, perusahaan sekelas Google bisa kebobolan dan mau memasang ekstensi yang dianggap bahaya di tokonya. meskipun tidak lama akan terditek dan akhirnya di hapus.


Misalnya ekstensi yang satu ini, Adblock Plus. Ekstensi mempunyai kemampuan utama untuk memblock iklan, namun dengan dipalsukan malah sebaliknya, akan mengarahkan ke situs buka tujuan utama.


Ribuan Pengguna Chrome Unduh Adblock Plus Palsu


Pada Google Chrome  sudah tak asing lagi dengan adanya aktestensi Adblock Plus. Kamampuan Aplikasi ini sudah terpercaya untuk memblokir iklan bermunculan di halaman situs yang sedang dikunjungi, Iklan-iklan yang dianggap mengganggu saat tengah asik membaca, mononton konten di sebuah situs bisa tidak muncul dengan memasang akstensi seperti addblock.

Namun ternyata Ekstensi yang sudah dianggap baik dalam blokir iklan serta banyak pengguna dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk  disalah gunakan. Berdasarkan temuan dari SwiftOnSecurity, ternyata ada ekstensi palsu yang menggunakan nama AdBlock Plus.

Di unggah langsung melalui akun Twitter SwifOnSecurity beberapa waktu lalu. Dikutip dari Engadget, Rabu (11/10/2017), Google segera menghapus ekstensi tersebut dari Chrome Web Store. Ekstensi palsu tersebut sudah memakan korban. Menurut data, ada 37 ribu yang sudah memasang pada Chrome.

SwiftOnSecurity mengatakan, ekstensi palsu ini diciptakan oleh pengembang yang terang-terangan meniru nama dan memanfaatkan hasil pencarian. Memang belum diktehui jelas dampak buruk dengan ekstensi ini, namun ada beberapa pengguna chrome yang mengatakan, ketika ekstensi palsu selesai dipasang akan bermunculan tab baru serta diarahkan ke situs bukan tujuan.

mungkin ada ekstensi lain yang di palsukan dan belum diketahui?

0 komentar: