AWAS PENIPUAN KARPET JUAL BELI ONLINE

CitangkoloNet. Penipuan di internet mudah sekali dilakukan. Dengan berbekal foto dan keberanian untuk berkenalan melalu jejaring social facebook, Instagram, BBM dan Whatshapp mereka melaksanakan aksinya. Dengan modus berjualan barang yang murah dan berbagai tawaran yang menggiurkan seperti bonus berlipat ataupun gratis biaya kirim sehingga banyak masyarakat yang tertipu. 

JUAL BELI KARPET ONLINE PENIPUBeberapa hari yang lalu admin sempat akan tertipu dengan modus semacam ini. mereka menjual karpet karakter dengan harga yang murah, bahkan dengan gratis ongkos kirim dan bonus 5 karpet setiap pembelian 10 karpet, tidak hanya itu mereka menawarkan gratis 5 lagi, jadi total 20 karpet dengan harga yang sangat murah. Bahkan mereka menawarkan dropship dengan harga murah.

Setelah admin hitung hanya sekitar 175.000 untuk setiap karpet. Murah sekali padahal setelah kami cek di beberapa toko jual beli online harga standar untuk karpet karakter sekitar 600.000 sampai 1.000.000 rupiah.

Mereka beroprasi di Instagram akhir-akhir ini denga nama akun yang beragam. Dalam akun tersebut disertakan nomor telepon dan bbm yang berbeda-beda bahkan dijumpai ada yang sama. Dalam penipuan ini tidak main-main bahkan mereka menunjukan surat keterangan ijin usaha dilengkapi dengan KTP untuk meyakinkan pembeli. 

Tapi setelah kami cari beberapa toko yang lain ternyata banyak yang sudah tertipu, sesuai dengan pengakuan mereka di akun instagram mereka.  Bahkan ada salah satu dari korban yang sudah melaporkannya.

Penipuan semacam ini pernah diberitakan oleh tribunnews dalam laporannya Selasa (22/11/2016) Nr tersangka penipuan online dengan modus menawarkan karpet berkarakter kartun melalui BBM dijerat dengan UU ITE, KUHP penipuan dan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Pasal yang dikenakan antara lain Pasal 45 ayat 2 Jo pasal 28 ayat 1 UU RI tentang ITE dengan ancaman 6 tahun penjara. Pasal 378 KUHP ancaman 4 tahun penjara.

Pasal 3, 4, 5 ayat 1 UU RI No 08 Tahun 2010 tentang tindak pidana pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang dengan ancaman 20 tahun penjara.

"Tersangka kita jerat dengan pasal berlapis semua unsurnya bisa masuk. Tersangka saat ini kita tahan," kata AKBP Dolly Gumara, Kasubdit Fismondev seizin Dirkrimsus KBP Pipit Rismanto.
Jadi, berhati-hatilah dalam bertransaksi di internet, semua bisa di hindari dengan kehati-hatian.

Penulis(GR)

0 komentar: