Mengunci Rumus Rumus Pada Ms Excel Supaya Tidak Berubah

Cara Mengunci Rumus Rumus Pada Microsoft Excel Supaya Tidak Berubah dan Tidak Rusak

Cara Mengamankan Rumus Pada Ms Excel
Gambar Cara Mengamankan Rumus Pada Ms Excel

Kenapa Rumus Rumus pada ms excel harus di kasih pasword? Mesin pengolah angka ini merupakan alat bantu yang bisa memudahkan dalam bekerja, jadi Penting untuk memprotek rumus yang sudah di ketik lama. Jika sudah tersimpan dan terkunci rumus tidak akan berubah dan tidak perlu repot mengetik rumus yang begitu rumit dan panjang. 
Seperti Contoh Rumus untuk menentukan predikat pada Raport Kurtilas:
=IF(J9="4","A",IF(J9="3.66","A-",IF(J9="3.33","B+",IF(J9="3","B",IF(J9="2.66","B-",IF(J9="2.33","C+",IF(J9="2","C",IF(J9="1.66","C-",IF(J9="1.33","D+","D")))))))))
 atau contoh lain untuk menentukan deskripsi pengetahuan :
=IF('4.P K S'!D11="A",'6.daftar diskripsi'!B$5,IF('4.P K S'!D11="A-",'6.daftar diskripsi'!B$6,(IF('4.P K S'!D11="B+",'6.daftar diskripsi'!B$7,IF('4.P K S'!D11="B",'6.daftar diskripsi'!B$8)))))
Contoh rumus pada ms excel diatas merupakan gabungan beberapa cell yang terdiri dari beberapa sheet , Jika terjadi keteledoran dan melakukan satu kesalahan saja, maka berikat fatal , rusak semua dan tidak dapat bekerja dengan baik. jadi penting atau tidak memberikan keamanan pada rumus yang sudah dibuat?

Baiklah Citangkolo Net, Jika memang diperlukan membuat keamanan pada rumus di mesin pengolah kata mari ikuti langkah langkah berikut dengan baik. 

Langkah Langkah Mengunci Rumus Pada Ms Excel Supaya aman dan tidak rusak

  1. Seperti biasa langkah awal buka file dengan ektensi .xlsx atau dokumen yang dibuat dengan microsoft excel. 
  2. Setelah itu, Pastikan Posisi Menu Toolbar pada Review.
  3. Selanjutnya, taruh posisi Kursor pada Cell atau bagian yang sudah diketik Rumus yang begitu panjang serta rumit. Cukup satu cell saja tidak perlu di blok semua cell yang ada rumusnya.
  4. Dan sesudah kursor pada cell yang ada rumus, Arahkan Kursor Mouse pada bagain atas (Bagian Ribbon) Bagian Changes. dan cari Protect Sheet dan Klik, Jangan pada Protect workboook
  5. Akan muncul Protect sheet, Dari sana bisa dipilih item item mana saja yang akan di kunci. untuk standarnya cukup Ceklis yang bawaan saja. itu sudah cukup aman.
  6. Masukan sandi pada kolom yang ada dan reenter pasword dengan kata yang sama. setelah ok.
  7. Jika berhasil terkunci maka pada cell ada yang ada rumus jika akan melakan edit atau tidak sengaja kepencet maka akan ada peringatan. atau sama sekali tidak bisa berubah.


Bagaimana, Sudah selesai cara mengamankan rumus pada worksheet, mudahkan? Sekarang rumus rumus yang berada pada cell sudah aman dan tidak perlu kwatir jika salah tekan atau ada orang lain yang ngoprek.
Semoga bisa membantu jangan lupa like dan share yah... 
Apabila belum mengerti silahkan bisa dilihat pada video, . atau coret pada kolom komen di bawah.


********
Ikuti dan Update Artikel dari sini !

rss gplus You Tube facebook twitter