Cara Mengunci file Ms word supaya tidak bisa di copy Paste

Citangkolo Net, Kembali lagi melanjutkan artikel cara menggunakan komputer Ms Word , sebelumnya sudah dibahas Menghapus Sheet dan menyembunyikan sheet pada Ms Excel . Kali ini trik dalam komputer   dengan nama lain mesin pengolah kata  Cara Mengunci file word supaya tidak bisa di copy Paste. 

Trik microsoft office  ini cukup mudah namun kadang file word yang sudah dibuat dengan waktu lama dan menguras otak untuk berpikir, nah secara tiba di kopi paste tanpa ijin lalu di klaim. bagaimana menurut ente? biasa saja mungkin atau akan marah. Artikel ini bukan mau mengajarkan menjadi pelit berbagi, tapi supaya aman dan tidak gampang di akui oleh lain. Banyak sekali pemalas-pemalas yang butuh file , naskah tetapi tidak mau berpikir dan membuat sendiri, dengan begitu mudahnya kopas tanpa edit. ini merupakan pengalaman yang pahit. 
Jika file yang sudah dibuat sendiri dan oleh orang lain hanya sebagai contoh gambaran itu tidak mengapa, tapi jika full kopas itu yang merugikan. 

Belajar microsoft word pada saat ini sangat mudah, ente bisa belajar dimana saja ,banyak sekali jasa privat atau artikel yang beredar di internet. cara belajar komputer  ms word bisa sahabat dapatkan dari CitangkoloNet dan insya Alloh akan di bahas satu persatu. cara cepat belajar microsoft office akan bisa dilakukan jika dalam belajarnya dilakukan dengan konsisten dan sabar. Baiklah citangkolo net Artikel ini merupakan  materi microsoft word 2007 , memang agak ketinggalan jaman, tapi saya rasa masih banyak pengguna ms word 2007 pada saat ini, dan jika ente sudah gunakan versi lebih tinggi , ane rasa tidak jauh langkah-langkahnya. 

Cara mengunci komputer supaya file word tidak bisa dikopas, ikuti langkah berikut: 
Buka terlebih dahulu file akan di kunci , dan perhatikan gambar cara mengunci file word 
Mengunci file word supaya tidak bisa di copy Paste
Cara Mengunci File Word No Copy Paste

Cara membuat kata sandi  

Bisa dilihat pada gambar atas, Langkah-langkah yang wajib dilakukan. 
  • Posisi pada Review
  • Pilih Protect dokumen (posisi dibagian atas kanan)
  • Selanjutnya pilih Restrict Formatting, pada bagian permission biarkan Unrestrict Acces dalam posisi terceklis.
  • Beri ceklis semua pada bagian limit formatting serta allow only this type edit
  • Pada Bagian kedua Editing Restriction Pilih menjadi Filling in Forms. dan klik Yes star enforcing.
  • Masukan kata sandi yang akan digunakan pada optionalerta confir dengan kata yang sama. dan Ok

Pada langkah Editing Restriction ada beberapa pilihan seperti traked changes, Comment, dan Filling in forms, Jika yang dipilih selain Filling in forms memiliki fungsi lain, atau masih kopas atau ada perintah lainnya, jika penasaran coba saja sendiri, Untuk mengunci serta tidak bisa di Copas, maka ikuti sesuai pada artikel ini. 

Cara membuka password word 

Untuk membuka kembali file yang sudah terkunci, mungkin akan melakukan pengeditan atau lainnya.
Pastikan posisi dalam review, Klik Stop Protect dan masukan sandi yang sama dengan yang dibuat sebelumnya. dan klik OK.  Untuk mengetahui file sudah terkunci atau belum bisa lihat perbedaan pada toolbar, Jika menu toolbar aktif berarti tidak aktif proteksinya, dan masih bisa diedit. atau Kopas. 
Tampilan Toolbar Aktif dan Toolbar tidak aktif
Tampilan Toolbar Aktif dan Toolbar tidak aktif

Baiklah sudah cukup paham belum cara menggunakan microsoft word jika belum, silahkan coret coret pada kolom komen dibawah , tentunnya yang masih kaitan dengan Cara Mengunci file word supaya tidak bisa di copy Paste. 

0 komentar: