Gerhana Matahari 2016 Dijadikan Gambar Pada Prangko

Gerhana Matahari 2016 Dijadikan Gambar Pada Prangko
Citangkolo Net, Pada Tanggal 9 Maret 2016 Di Indonesia akan terjadi Gerhana Matahari total, Pada jaman dahulu, ketika terjadi Gerhana matahri total, Tidak boleh ada orang diluar rumah,
dan mitosnya saat terjadi gerhana total tidak boleh melihat karena akan  menimbulkan mata buta. Namun mitos tersebut tidak semua orang percaya dan meyakini, dan ditiap daerah mungkin punya kebiasaan dan mitos tersendiri dalam menanggapi gerhana matahari total.dan mitosnya saat terjadi gerhana total tidak boleh melihat karena akan  menimbulkan mata buta. Namun mitos tersebut tidak semua orang percaya dan meyakini, dan ditiap daerah mungkin punya kebiasaan dan mitos tersendiri dalam menanggapi gerhana matahari total.
dan mitosnya saat terjadi gerhana total tidak boleh melihat karena akan  menimbulkan mata buta. Namun mitos tersebut tidak semua orang percaya dan meyakini, dan ditiap daerah mungkin punya kebiasaan dan mitoster sendiri dalam menanggapi gerhana matahari total.

Apa itu Gerhana Matahari
Gerhana Matahari Total 2016 (ilustrasi)
Ilustrasi Gerhana Matahari Total 2015 : Gambar Animasi Google

Dalam Pelajaran SD juga sudah dijelaskan bahwa gerhana matahari adalah “Ketika Sinar Matahari Yang menuju Bumi Terhalang oleh Bulan”. Gerhana matahari juga mempunyai beberapa macam, Ada Gerhana total, Gerhana Sebagian, Gerhana Hibrida dan gerhana cincin. Sedangkan menurut situs kamus ensiklopedia (Wiki), Gerhana Matahari adalah “Ketika Posisi bulan terletak diantara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya”.
Setiap daerah, agama mempunyai ritual tersendiri, dan berbeda, Bagi umat islam pada umumya ketika gerhana matahari disunatkan untuk melaksanakan Sholat Gerhana.
Pada Tanggal 9 Maret 2016 Di Indnesia dikabarkan akan terjadi gerhana matahari total, “Terjadi ketika puncak gerhana, Ketika piringan Bulan Sepenunya menutup Piringan matahari”. Pada saat kejadian tersebut akan terlihat piringan bulan lebih besar dari piringan matahari  meskipun sebenarnya ukuran bulan dan matahari lebih besar matahari. Namun jarak bulan lebih dekat dengan bumi,jadi bulan bisa menutupi matahari pada Gerhana matahari Total.

Gerhana matahari yang akan terjadi di Indonesia besok pada bulan maret, dan dijadikan gambar pada prangko yang di terbitkan oleh post Indonesia juga mempunyai makna sendiri, yaitu disimbolkan dengan batarakala.
Batara kala menurut agama budha adalah putra dewa siwa dan mempunyai gelar sebagai dewa penguasa waktu. Kala sering disimbolkan dengan sosok raksasa dengan rupa yang seram, dan mempunyai symbol “Siapun tidak dapat melawan hukum Karma”.
Kenapa Gerhana Bulan 9 Maret 2016 Di Indonesia Dijadikan Gambar Prangko
Gerhana Matahari yang dijadikan gambar prangko di buat oleh karya dua dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain dari ITB. Beliau adalah Agung EBW dan Triyadi Guntur sebagai desainer. "Konsepnya kami berdua, namun karena beliau senior banyak kegiatan, untuk visualisasi saya semua," tuturanya (dilansir dari Detik.com)
Gerhana Matahari 2016 Dijadikan Gambar Pada Prangko
Gambar PT Post

Mengapa  Mitos Batara kala menjadi Desain Seri Prangko

Menurut pembuat desain prangko tersebut, Prangko merupakan hal penting dan sering digunakan untuk keperluan kirim mengirin lewat post, jadi nantinya akan menyebar kemana bahkan internasional jadi dibutuhkan Ciri Khas tertentu Khas yang dimiliki Indonesia.


Citangkolo Net, Demikian mengenai Gerhana Matahari Total Di Indonesia, mungkin kiranya banyak kekurangan, silahkan komen dan sarannya penting. 

0 komentar: