Penerjemah Multi Bahasa dengan Google Translate

Bahasa adalah dasar dalam berkomunikasi, dari itu betapa pentingnya bahasa dalam menjalin hubungan dengan khalayak banyak, dengan bahasa kita bisa bersosial dengan baik. tahu Bahasa merupakan cara komunikasi yang sangat penting. Kalau saat berkomunikasi kita tidak mengerti bahasa yang di ucapkan, maka kita tidak tahu makna dan tujuan dari pembicaraan. intinya adalah Bahasa adalah jalan untuk menjalin komunikasi dalam
bersosial.
Dengan tahu bahasa banyak sekali keuntungan yang di dapat, apalagi kalau kita ahli dalam penyampaian, intonasi, emosi, gerak tubuh yang biasa disebut retorika.

Bahasa yang saya sampaikan disini adalah bukan bahasa yang kita lakukan dalam berhadapan langsung, tapi menerjemahkan bahasa asing atau bahasa bangsa kita ke bahasa lain dengan mengunakan Google Terjemah. Setidaknya kita bisa sedikit mengetahui apa yang dikatakan oleh lawan bicara saat menggunakan bahasa yang belum kita kuasai. Google Terjemah bisa menerjemahkan lebih dari 90 bahasa di dunia, termasuk bahasa daerah Jawa sudah ada dalam Google Terjemah. Jadi, harus bangga apabila bisa Bahasa Jawa atau yang tinggal di pulau jawa.

Baiklah para pembaca yang budiman, langsung saja mari kita bahas langkah-langkah menggunakan Penerjemah Multi Bahasa dengan Google Translate.

Silahkan buka terlebih dahulu Google Translate melalui aplikasi browser anda, mungkin tampilannya seperti ini.
Ok, sudah dibuka ?... mari kita lanjutkan. 
Sialahkan anda tulis dalam kolom sebelah kiri dengan bahasa indonesia atau bahasa lain yang ada dalam Google Translate. bisa dilhat seperti ganmbar berkut:
Contoh yang saya tulis dengan menggunakan bahasa indonesia "saya ingin menulis" maka di terjemahkan kedalam bahasa inggris secara otomatis pada kolom sebelah kanan akan muncul "i want to writing" . biasanya akan otomatis menerjemahkan tanpa harus klik tombol terjemahkan. namun apabila belum otomatis, tekan tombol terjemahkan.
Anda bisa menerjemahkan kebanyak bahasa dengan menggunakan Google Translate dengan memilih bahasa yang di inginkan. anda tinggal tekan pada pada icon segitiga kecil pada kolom kanan.
Setelah muncul task seperti gambar diatas, anda tinggal pilih mau diterjemahkan kedalam bahasa apa.

Selain menerjemahkan dari Google Translate kita juga bisa mendengarkan suara dari yang ditulis di kolom kiri, dan dari hasil yang anda terjemahkan, anda tinggal menekan tombol/gambar speaker.

Metode pulisan lebih baiknya dengan bahasa yang baik, tidak disingkat, harus jelas ejaannya karena Google Translate akan mengucapkan sperti apa yang ada dalam tulisan.
Saat memasukan tulisan pada kolom kiri,selain dengan metode langsung tulis, bisa juga dengan kopi paste atau dengan menggunakan mic/voice, anda bisa bicara langsung nanti Google Translate akan menulis dengan sendirinya. 
Gambar diatas adalah apabila anda menekan atau memunculkan keyboard virtual ini digunakan jika akan menulis dengan menngunakan keyboard virtual, jika akan langsung merekan tekan gambar seperti mic, icon selanjutnya speaker jikan anda mendengarkan suara.

ok, hanya sampai disini yang bisa saya tulis di blog ini mengenai Penerjemah Multi Bahasa dengan Google Translate. semoga bisa bermanfaat dan bahan untuk belajar bahasa. menurut saya memang kadang kurang tepat hasil terjemah arti dari vitur tersebut, tapi setidaknnya kita bisa mengetahui inti dari bahasa yang di di dengar atau baca.
pareng matur nuwun.. ;)

2 komentar: