Cara Mengatur Halaman kerja pada Ms Word ( Page Margin Setup )

Sebelum memulai mengetik menggunakan mesin pengolah kata ada baiknya atur terlebih dahulu halaman, kertas, sebelah kanan, kiri, atas dan bawah halaman pengetikan pada lembar kerja agar hasil lebih maksimal. langkah ini bisa dilakukan sebelum atau sesudah mengerjakan pengetikan,namun lebih baik atur dari awal sebelum mengetik supaya tidak rubah pada hasil akhir pengetikan. Tapi saya sarankan pangaturan kertas dilakukan di awal kerena saat dilakukan belakangan hasil akan rubah berikut posisi paragraf akan berubah.


Perhatikan langkah-langkah berikut : 
Setelah membuka Ms word akan terlihat dibagian atas baris menu ( Home,Insert, Page layout, Reverences, Review dan View) Pilihlah menu Page layout. (lihat gambar ket. 1). kemudian piih Margin,(Lihat gambar ket.2) lalu klik pada margin maka akan muncul task baru yang isinya jenis dan ukuran kertas. Kemudian pilihlah paling bawah ,Costum margin.(lihat Gmbar ket. 3)
Pilhan Costum margin apabila kertas serta ukuran atas bawah kanan kiri juga kertas akan di sesuaikan dengan kertas yang akan digunakan. dalam post ini saya akab menggunakan kertas F4.
Langkah berikutnya setelah memilih costum margin akan muncul task baru (Page Setup), berikut tampilannya.

Berikutnya, pilih pada Margin (lihat gambar ket, 1) dalam margin kamu bisa mengatur Top (bagian atas jarak dari kolom pengetikanke sisi atas), Left,(Bagian kiri dari kolom pngetikan sisi kanan) Bottom,( Bagian bawah dari kolom pengetikan ke sisi bawah) Right, (bagian kanan dari kolom pengetikan ke sisi kanan).
Keterangan gambar : 2, untuk menganti ukuran kertas bagian atas. 3, untuk mengganti sebelah kiri. 4, untuk mengganti ukuran bagian bawah. dan 5, untuk mengatur kertas pada sebelah kanan. 
untuk keterangan pada gambar ket.6, untuk mengatur ukuran orientasi ( berdiri atau Miring).
Contoh diats saya mengganti semua bagian dengan 2cm.

Perhatikan gambar dibawah, ini untuk mengatur/ memilih jenis ukuran kertas.
Setelah margin di atur sesuai kebuthan, langkah berikutnya adalah memilih jenis kertas, perhatikan pada gambar atas ket 2, kamu bisa memilih jenis kertas seperti letter, tabolit, FA, A4 dan lainnya. namun yang saya digunakan bukan kertas standar bawaan jenis kertas pada umumnya.saya akan memilih costum size. posisinya ada di bagian paling  bawah.  perhatikan berikut :
Gambar diatas ket . 1 Costum size. Karena saya akan menggunakan kertas jenis F4, makan saya merubah lebar (width) juga tinggi (height) sesuai dengan keinginan saya. lihat gambar ket. 2. saya mengganti width dengan 21cm dan height 33cm. biasanya apabila mengguankan kertas jenis F4 dan menggunakan ukuran tadi, maka hasilnya tidak terlalu banyak halaman yang sia-sia.
Gambar ket, 3 adalah preview . kamu bisa melihat hasil merubah ukran kertas dari preview. Sedangkan Gambar ket. 4, apply to , apabila pengaturan kertas pada semua halaman (whole dokumen) atau hanya pada satu halaman (this point). setelah semua sudah di atur jangn lupa klik Ok atau Enter.

lihat hasil dari pengaturan kertas, margin,layout apabila mengikuti instruksi saya, makan tampilan kanan kiri atas bawah akan sama, jarak dari sisi masing-masing 2cm. 
Pengaturan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya untuk pembuatan skripsi pada umumnya dengan menggunakan ukuran 3,3,4,4 dan kertas A4. untuk pembuatan artikel atau dokumen lainnya kamu bisa menggunkan petunjuk dari pedoman yang berlaku.
Demikian dari saya Cara Mengatur Halaman kerja pada Ms Word ( Page Margin Setup ). Semoga bermanfaat. 




********
Ikuti dan Update Artikel dari sini !

rss gplus You Tube facebook twitter